Tips Hari Ini

Hei Para Fresh Graduates, Tips Biar Gak Kagok Saat Wawancara Kerja

Oleh : Budi W / Rabu, 28 Oktober 2015 09:46

Selamat ya, Anda saat ini telah terbebas dari mata kuliah, KKN dan skripsi. Bahagia sih tapi pasca kelulusan banyak diantara Anda yang bingung mau kerja sesuai major atau keluar dari zona nyaman. Nah untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai impian, berikut ada tips yang bisa Anda terapkan agar lancar dalam wawancara kerja.

1. Berdirilah Saat Menunggu Giliran Wawancara
Kadang Anda mendapat tawaran dari staff perusahaan untuk duduk. Actually ini bagus, tapi ada diantara Anda yang kadang gugup saat giliran Anda akan maju ketemu divisi HRD. Jangan ambil tawaran tersebut. Tetaplah berdiri. Anda akan terlihat lebih percaya diri apabila berada di posisi yang sama dengan pihak pewawancara.

2. Jangan Bicara Terlalu Cepat
Ini nih yang bisa membuat divisi HRD perusahaan bingung dengan apa yang Anda katakan. Kalau gugup, kadang kata-kata yang meluncur dari mulut tak terkontrol oleh karena itu, stay calm. Tariklah nafas dengan perlahan melalui hidung anda dalam hitungan 3 detik. Hembuskanlah nafas anda juga dengan perlahan dalam hitungan 3 detik. Dijamin detak jantung akan memelan dan Anda bsia lebih santai.

3. Bicaralah dengan Lantang
Dengan berbicara secara jelas, maka maksud jawaban Anda akan lebih dapat didengar oleh peng-interview.

4. Listen Up
Ketika anda mengalami sejumlah tekanan saat wawancara, terkadang diri anda tidak mampu untuk mendengarkan pertanyaan dengan baik dan pada akhirnya memberikan jawaban yang salah dari pertanyaan tersebut. Jangan sampai pikiran seperti ini mengganggu Anda. Segera make up your mind then dengarkan apa yang mereka katakan, beri jawaban yang objektif.

5. Bikin Pewawancara Suka dengan Anda
ketika wawancara, pihak pewawancara pun ingin mendapat perhatian dari anda. Jangan terlalu berfokus kepada diri anda. Hal tersebut dapat membuat pewawancara jengah. Ajukan lah satu atau dua pekerjaan yang berhubungan dengan perusahaan atau pekerjaan anda. Hal tersebut menunjukkan bahwa anda memiliki ketertarikan yang besar terhadap perusahaan tersebut. Ingat, tapi jangan terlalu lebay ya.

6. Be Your Self
Apapun keadaannya, tetaplah menjadi diri sendiri. Ini merupakan jalan terbaik karena dengan begitu anda akan menikmati proses wawancara yang anda lalui. Gimana, dah siap tempur untuk dapat pekerjaan impian?    

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini