Tips Hari Ini

5 Hal Yang Jangan Pernah Dilakukan Agar Selamat Dari Bahaya Tanah Longsor

Oleh : Albertus Indratno / Kamis, 26 November 2015 16:30

Beberapa hari yang lalu, pembaca mungkin terkejut karena ada wilayah yang tertimbun tanah longsor. Curah hujan yang tinggi ditambah kemiringan tanah serta hilangnya vegetasi bisa jadi penyebab utama runtuhnya tanah berserta batuan lalu menimbun apa saja yang ada di bawahnya. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah sendiri sudah memperingatkan warga masyarakat melalui leaflet dan brosur. Bagi yang belum membaca, ini 4 hal penting yang bisa menyelamatkan Anda dari bencana tanah longsor. 

Perhatikan bangunan

Cobalah melihat posisi rumah atau bangunan yang Anda tempati. Apakah itu berada di atas lereng yang rawan longsor? Jika iya, sebaiknya Anda berhati-hati lalu meminta saran kepada petugas terkait atau lembaga yang peduli pada kebencanaan.

Awasi kolam dan sawah irigasi

Kolam dan sawah irigasi yang ada di lereng lereng rawan longsor juga berpotensi untuk terkena timbunan tanah. Bagi Anda, pemilik sawah bisa mengamati juga wilayah di sekeliling. Meskipun selama ini Anda merasa aman, tapi bahaya itu tetap saja mengancam.

Menebang pohon

Ibarat perang, pohon menjadi benteng pertahanan. Hal ini juga sama saat manusia menghadapi bahaya tanah longsor. Akar-akar pohon berfungsi menghambat tanah yang tergerus laju air berkecepatan tinggi. Karenanya, sangat tidak disarankan Anda menebang pohon di lereng bukit atau daerah-daerah yang dilarang petugas. Pahami aturan mainnya agar Anda selamat. 

Hindari bawah lereng

Selain tinggal di atas lereng,  ada di bawahnya pun bisa menimbulkan bahaya yang sama. Pastikan di bagian mana Anda tinggal. Jika memang ragu langsung saja bertanya ke petugas pemerintah dan meminta peta daerah rawan bencana. 

Semoga tips hari ini berguna bagi Anda. 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Solopos 103 FM

    Solopos 103 FM

    Solopos 103 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini