Tips Hari Ini

Tips Kilat Tangkal Investasi Bodong

Oleh : Budi W / Kamis, 28 Januari 2016 10:59

Polres Sleman baru saja membongkar kasus penipuan investasi bodong dengan total kerugian korban sebesar 3.4 miliar rupiah. Modus investasi yang dilancarkan tersangka yakni kerjasama penanaman modal atas pembelian produk farmasi berupa obat KB. Aksi tersangka yang belakangan bernama Ninik ini mengarahkan korban yang bernama Wibowo untuk transfer ke rekening produsen obat.

Diam - diam, Ninik ini membatalkan pemesanan dan meminta uang yang telah dikirim dari rekening produsen obat untuk ditransfer balik kerekening pribadinya. Uang keuntungan dan modal yang telah diberikan korban ke tersangka tidak pernah dikembalikan. Pelajarannya adalah Anda harus berhati - hati jika ada orang menawarkan keuntungan besar pada sebuah bisnis yang tak jelas.

Tim Gudegnet kali ini akan memberikan kiat bagaimana agar Anda terhindar dari investasi bodong.

1. Jangan Tergiur Keuntungan yang Besar

Investasi yang memiliki tingkat pengembalian tinggi memiliki tingkat resiko yang tinggi. Selain itu investasi bodong  memiliki modus yang menjanjikan keuntungan dalam jangka pendek dan memberi janji keuntungan dengan prosentase yang tinggi pula.

2. Investasi Bodong tidak Terdaftar di Institusi Pemerintah

Jangan percaya jika usaha investasi yang ditawarkan oleh teman/sales hanya berupa SIUP, NPWP, TDP, HO atau persyaratan umum lain. Anda harus mengecek apakah perusahaan investasi itu terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bank Indonesia, atau Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) Kementerian Perdagangan. Di lembaga itulah daftar perusahaan yang secara legal berhak menerima dana masyarakat untuk tujuan investasi.

3. Untuk Kasus Seperti Ini Jangan Percaya Teman

Tidak perlu membuat keputusan cepat untuk nasib keuangan masa depan Anda. Jangan mudah terlena meski penawaran datang dari orang yang sudah dipercaya sekalipun. Tipsnya, tanyakan kepada orang yang lebih paham bukan tanya ke teman karena ikut-ikutan, jangan sampai menyesal dikemudian hari.

4. Laporkan Jika Ada Kecurigaan Penipuan Investasi

Masyarakat diminta aktif menghubungi call center OJK jika ditemui kecurigaan akan investasi bodong. Hal ini juga diharapkan dapat menekan jumlah korban penipuan. Segera laporkan kepada pihak berwenang jika Anda mendapatkan tawaran investasi yang mencurigakan atau terlanjur menempatkan dana dalam investasi bodong.

Dari Berbagai Sumber

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM



    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini