Tips Hari Ini

Tangkis Demam Berdarah dengan 6 Cara Ini

Oleh : Budi W / Selasa, 02 Februari 2016 09:43

Sebelum anggota keluarga Anda terkena serangan Demam Berdarah, ada baiknya Anda dapat melakukan sejumlah tindakan preventif ini agar virus yang dibawa oleh nyamuk ini tidak menjangkiti anggota keluarga, berikut Tipsnya untuk Anda.

1. Cukupkan Sinar Matahari Masuk ke Ruangan
Nyamuk suka kelembapan dan kegelapan, dengan memberi sinar matahari yang cukup pada ruangan maka trik ini dapat mencegah perkembangan bakteri dalam ruangan juga berfungsi pula mengusir nyamuk.

2. Buang Barang Berpotensi Tampung Air
Musim hujan sering membuat barang yang dalam posisi terbuka terisi air. Solusinya, buang barang tersebut ditong sampah atau jika memang ada waktu kubur barang - barang tersebut.

3. Cari Tanaman Pengusir Nyamuk
Letakan tanaman mengelilingi rumah. Terutama yang dekat dengan jendela kamar dan pintu. Tanaman yang fix dapat mengusir nyamuk antara lain serai, geranium, jeruk dan bunga lafender.

4. Pakai Kelambu
Meski cara ini termasuk tradisional, namun memasang kelambu dapat membantu mencegah masuknya nyamuk penyebab DBD kontak langsung dengan Anda. Classic is Always Classy.

5. Lapor ke Puskesmas
Jika ada keluarga atau tetangga yang terkena demam berdarah, segera laporkan ke puskesmas agar ada pencegahan lebih lanjut untuk memberantas demam berdarah. Pelapor baiknya langsung mengajukan penyemprotan/fogging ke puskesmas terkait. Koordinasi sangat diperlukan mengingat ada standar campuran untuk fogging. Minimal, cairan dan obat yang digunakan harus sesuai dengan standar Badan Kesehatan Dunia ( WHO ). Kemudian, Puskesmas akan melakukan Fogging berdasarkan Kasus DBD.

6. Lapor ke Media Massa
Bila telah terjadi kematian akibat DBD dan tak kunjung ditangani oleh Puskesmas dan Dinas Kesehatan setempat, segera lakukan pelaporan ke media massa dikota Anda. Berikut alamat redaksi media di Kota Jogjakarta, GudegNet (0274) 554444.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini