Tips Hari Ini

Meski Sering Dikatakan, 4 Langkah Ini Kerap Dilupakan Pengendara Motor

Oleh : Albertus Indratno / Rabu, 16 Maret 2016 16:30

Beberapa fakta mengejutkan mulai terungkap. Situs www.safesteps.com menyebutkan 1,3 juta orang meninggal karena kecelakaan tiap tahunnya. Artinya sekitar 1 orang tewas tiap 30 detik karena peristiwa itu. 500 anak terbunuh di jalanan tiap hari. Setengahnya terjadi di pedestrian. Tapi 100 persen kita bisa mencegahnya. Setidaknya saat kita mengendarai sepeda motor. Begini caranya :

Menggunakan helm

Meskipun pengendara sepeda motor sudah diwajibkan menggunakan helm, namun masih banyak yang belum menggunakannya. Apalagi jika mereka berkendara dalam jarak tempuh yang pendek. Selain itu, pastikan kaca helm ini jernih dan jelas. Helm yang gelap dan cenderung menghalangi pandangan mata justru membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. 

Menghindari konsumsi minuman beralkohol

Konsumsi minuman beralkohol menyebabkan seseorang kehilangan keseimbangan dan kontrol diri. Sangat dianjurkan para pengendara tidak minum-minuman keras sebelum berkendara. Kondisi ini sangat membahayakan karena bisa terjadi kecelakaan tunggal atau menabrak kendaraan lain. 

Membatasi kecepatan

Kecepatan sepeda motor cenderung lebih tinggi dan memiliki potensi kecelakaan lebih besar dari kendaraan lainnya. Oleh sebab itu, setiap pengendara wajib membatasi diri agar tidak memacu tunggangannya secepat-cepatnya. Kurangi kecepatan di area yang selama ini rawan kecelakaan. Selain itu, jaga jarak aman dengan kendaraan lainnya.

Tetap eling lan waspada

Dalam bahasa Jawa kata-kata itu artinya ingat dan waspada. Ingat bahwa pengguna jalan lain tidak memperhatikan dan tahu apa yang Anda inginkan. Jadi, penting buat Anda untuk menjaga komunikasi non verbal dengan cara menyalakan lampi sein sesuai arah yang dimaksud, membunyikan klakson atau menghidupkan lampu tanda bahaya dan lain-lain. 

Sedangkan waspada bermakna setiap kali berkendara Anda harus tetap fokus dan tidak teralihkan perhatiannya dengan hal lainnya. Semisal, tiba-tiba telepon genggam berbunyi dan Anda bergegas karena ingin menjawabnya saat itu juga. Pinggirkan dulu kendaraan Anda, baru dijawab. 

Semoga tips hari ini berguna  bagi keselamatan Anda. 

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini