Tips Hari Ini

Pas! Ini 13 Langkah Yang Buat Anda "Lebih Untung" Saat Puting Beliung

Oleh : Albertus Indratno / Jumat, 08 April 2016 15:38

Bencana topan tropis atau puting beliung bisa merusak bangunan juga membinasakan manusia.  Kombinasi antara tingginya kecepatan rotasi angin dan air hujan ini jadi persoalan yang kerap dilupakan. Sebagai langkah antisipasi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan hidup Anda. Nah, ini dia:

Tahap persiapan

Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Ada enam hal yang bisa dilakukan di tahap ini, antara lain: persiapkan tas berisi obat-obatan dan makanan yang bisa langsung dibawa saat terjadi topan.

Kedua, pahami jalur evakuasi. Saat terjadi topan atau sesudahnya pastikan Anda tahu kemana harus berkumpul dan meminta bantuan. Ketidaktahuan terhadap alur evakuasi menimbulkan kebingungan dan berujung kepada salah membuat keputusan.

Ketiga, mengenal tempat yang lebih tinggi. Pengetahuan ini penting bagi mereka yang tinggal di daerah sekitar pantai. Sebelum terjadi topan, sebaiknya Anda mengetahui bagian di wilayah itu yang lebih tinggi. Ini penting karena topan merusakkan bangunan, Anda bisa menyelamatkan diri.

Keempat, selalu periksa kondisi rumah atau tempat tinggal. Pengecekan berkala sangat penting untuk memastikan kekuatan dan kelayakan bangunan. Hubungi pihak-pihak yang memiliki otoritas dan kapasitas di bidang konstruksi di sekitar Anda untuk melakukannya.

Kelima, letakkan makanan dan obat-obatan di lokasi yang aman. Bencan angin topan sering membawa efek lainnya yaitu banjir. Sebagai langkah pencegahan, sebaiknya makanan dan obat-obatan ditempatkan di wadah kedap air lalu disimpan di tempat yang lebih tinggi dari permukaan lantai.

Keenam, rajin memangkas ranting.  Angin topan bisa menumbangkan pohon. Apabila di sekitar rumah Anda ada pohon tinggi, sebaiknya segera dipangkas. Ranting-ranting yang menjulur panjang bisa Anda gergaji. Jika kawatir prose situ justru melukai Anda karena minimnya pengalaman, hubungi saja tukang pangkas pohon atau dinas terkait.

Ketujuh, periksa genteng. Sebagai langkah antisipasi berikutnya ialah memeriksa kerapatan dan kekuatan genteng. Angin topan bisa merusakkan genteng dan membawanya terbang. Selain menjadi ancaman bagi Anda dan keluarga, genteng yang terlepas juga membahayakan orang lain.

Saat Terjadi Bencana

Pertama, periksa kekuatan pintu. Berlindung di dalam rumah menjadi langkah terbaik saat topan ini datang dan merusakkan apa saja. Cek kembali kekuatan pintu rumah dengan memastikan setiap bagiannya terpasang secara sempurna. Ini dilakukan agar saat terjadi topan, pintu rumah tidak terlepas. Sedangkan pada bagian belakangnya sebaiknya diganjal dengan karung pasir. Lindungi juga kaca jendela Anda dengan memasang lakban di sekelilingnya.  Tujuannya, seandainya kaca itu terkena angin pecahannya tidak melukai Anda.

Kedua, aktifkan selalu media informasi.  Silahkan menyalakan radio dan televisi untuk memantau perkembangan informasi terkini.

Ketiga, menjauhkan diri dari jendela dan pintu. Meskipun pintu sudah diganjal menggunakan karung pasir dan jendela sudah dilakban, sebaiknya Anda tetap menjaga jarak agar tidak terkena pecahan kaca atau tertimpa pintu yang rubuh karena angin.

Langkah sesudah tiupan angin topan

Pertama, jauhi bangunan yang rusak. Setelah angin topan, sebaiknya Anda menjaga jarak dari bangunan yang rusak. Hal yang paling ditakutkan saat ada bagian tempat tinggal itu yang runtuh dan bisa melukai Anda.

Kedua, hindari menginjak genangan air.  Jauhkan diri dari genangan air karena dikawatirkan ada aliran listrik di dalamnya.

Ketiga, tidak gegabah saat membantu. Jika tidak memiliki pengetahuan medis yang cukup, sebaiknya tidak buru-buru membantu memindahkan korban. Ini karena salah penanganan bisa membuat kondisi korban semakin parah. Hubungi segera petugas paramedis atau pihak-pihak terkait lainnya.

Semoga tips hari ini membantu Anda sekalian.

Selamat berakhir pekan!

Salam,

 

 

Tim Gudegnet

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini