Tips Hari Ini

4 Tips Sukses Mahasiswa jadi Freelancer

Oleh : Budi W / Rabu, 20 April 2016 12:00


Ingin mendapat tambahan uang saku merupakan hal sesuatu hal yang wajar jika Anda saat ini sedang belajar dan mencoba paruh waktu. Tak ada salahnya, namun ada sejumlah kiat yang bisa Anda terapkan agar kedua bidang yang berbeda ini tidak saling bertabrakan.

Semangati Diri Anda
Setelah aktivitas kuliah selesai, biasanya waktu luang dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan paruh waktu. Sebagai sosok freelancer, Anda harus memiliki tanggung jawab yang besar pula pada pekerjaan yang dipasrahkan klien kepada Anda. So, yang harus Anda lakukan yakni harus lebih fokus pada kerjaan yang ditugaskan. Saat banyak waktu luang, saatnya Anda bekerja sekuat tenaga, jangan malah santai menunda pekerjaan.

Komunikasilah
Waktu menjadi hal yang sangat penting saat Anda tak bisa bertemu dengan klien. Sibuk, atau karena memang terpisah jarak yang jauh menjadikan waktu itu bisa Anda gunakan untuk berkomunikasi. Ada banyak cara komunikasi yang bisa dilakukan misalnya dengan sosial media atau bahkan bisa saling berkomunikasi melalui skype. Poin menjadi seorang freelancer adalah dapat berkomunikasi dengan klien secara cepat dan tanggap. Selalu tanamkan sikap proaktif dan profesional.

Negosiasi
Negosiasi diperlukan untuk mencapai keputusan berapa honor yang tepat untuk seorang freelancer. Ketika saatnya untuk menentukan berapa honor yang tepat untuk Anda seorang freelancer, negosiasi diperlukan untuk mencapai keputusan tersebut. Hormati kemampuan yang Anda miliki dan jangan terlalu rendah menilai potensi serta kemampuan Anda. Baca dengan baik kontrak yang diberikan oleh klien terkait dengan tanggung jawab, deadline hingga honor yang akan Anda dapatkan melalui negosiasi.

Bikinlah Jadwal
Membuat jadwal yang fix berfungsi untuk memantau prioritas pekerjaan dan terhindar dari keinginan untuk mengambil terlalu banyak tawaran. Jangan lupakan pula aktivitas kuliah yang pastinya telah memiliki jadwal yang pasti. Selamat mencoba dan tentunya sukses terun untuk Anda.
 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini