Tips Hari Ini

4 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di Sekolah Vokasi

Oleh : Budi W / Selasa, 10 Mei 2016 09:23
Foto Oleh www.2.bp.blogspot.com

 

Sudah lulus sekolah, bingung mau kerja atau lanjut kuliah? atau kuliah apa yang cocok buatmu? mungkin sejumlah pertanyaan ini sedang Anda hadapi ketika seseorang telah dinyatakan lulus dari SMA/SMK. Nah, jika Anda bingung, kuliah di Sekolah Vokasi seperti UGM, UI, UPN, dan UNY bisa menjadi alasan mengapa Anda harus kuliah di kampus yang banyak praktikumnya. Selain parktis, dijamin cepat kerja!

#1 Sarjana Banyak yang Nganggur
Data BPS Agustus 2014 menyebutkan bahwa 9,5% pengangguran di Indonesia merupakan alumni perguruan tinggi, termasuk di antaranya lulusan bergelar sarjana. Alasannya, tidak sesuai antara kompetensi lulusan dengan kebutuhan dunia usaha serta industri.

#2 Sarjana Muda dipersiapkan untuk Langsung Kerja
Menurut Ketua Program Vokasi Universitas Indonesia, Prof. Sigit Pranowo Hadiwardoyo, mengatakan bahwa lulusan diploma dipersiapkan untuk langsung bekerja. Dalam materi pendidikannya, para lulusan ini lebih banyak mengikuti kegiatan praktikum.

#3 Lulusan Diploma 3 Terbukti disejumlah Negara
Sekolah vokasi mampu mendukung prospek kerja serta membangun sistem kerja dalam upaya mengimbangi persaingan global. Sejumlah negara yang sebagian menggunakan serta terus mengembangkan lulusan D3 yakni Thailand, Korea, Jepang, Perancis, dan Jerman. Di negara ini, D3 sukses membangun ekonomi dengan menerapkan program berbasis keterampilan kerja.

#4 UGM Jamin Lulusan D3-nya Kompeten
Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Sekolah Vokasi UGM, Wikan Sakarinto, Ph.D mengatakan bahwa UGM menetapkan standar kelulusan tertentu untuk memastikan bahwa lulusan Sekolah Vokasi memang memiliki kompetensi yang baik. Diantaranya, setiap mahasiswa wajib memiliki sertifikat kompetensi serta para mahasiswa wajib lulus diseluruh kurikulum.

Nah, masukan ini, bisa menjadi patokan Anda untuk menentukan jenjang pendidikan mana yang akan Anda raih, bagaimana, cukup membantu?

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini