Tips Hari Ini

Tips Terhindar dari Alergi Saat Makan Sea Food

Oleh : Budi W / Senin, 23 Mei 2016 12:02


Tak merasa memiliki keluhan dengan makanan seafood, eh ternyata saat setelah makan malah kena bengkak, kulit memerah, dan gatal. Mungkin ada beberapa yang terlewat. Nah, tim gudegnet menghimpun tips menghindari efek dari makan sea food berdasarkan pengalaman koki yang diambil dari laman Kompas Travel.

#1 Kondisi Badan

Menurut pengalaman, kondisi badan juga sehat penting sekali saat ingin mengkonsumsi seafood, ketika badan kecapekan dan drop, lalu makan seafood, reaksinya cepat bentol kemarahan, hingga gatal. Kondisi badan yang lemas dan stres akan berpengaruh terhadap reaksi pemicu alergi terhadap makanan laut. Jadi, pertama, pahamilah kondisi badan Anda sebelum melahap hidangan seafood yang menggoda.

#2 Bahan Masakan Wajib Bersih

Seafood wajib terjaga kesegarannya, dari mana seafood berasal, cara penyimpanan hingga cara pengolahan juga sangat berpengaruh pada kebersihannya. Seafood yang banyak mengandung limbah atau logam akan membuat bahan laut tersebut buruk. Seafood identik dengan kesegarannya, lokasi sea food itu berasal, penyimpanan, hingga pengolahan sangat berpengaruh terhadap kebersihan. Lokasi asal seafood yang terlalu banyak mengandung limbah atau tercemar logam akan membuat bahan laut tersebut buruk. Contoh bahan paling bagus terdapat diarea pesisir Kalimantan Selatan, perairan Bangka, dan Bali.

#3 Tak Tahan Lama

Jika Anda ingin mengkonsumsi seafood, pastikan bahwa bahan yang diasup tidak terlalu lama disimpan di refrigerator. Seafood baiknya disimpan jangan lebih dari satu hari. Selain itu, ketika tidak habis, seafood tidak dapat diolah kembali. Jangan mau memakan seafood yang sudah dimasak dan karena tidak habis terjual lalu dimasak kembali. Hal ini merupakan cara yang salah dalam mengolah seafood.

#4 Baiknya, Makan Salad Sebelum Makan Seafood

Untuk menghindari adanya efek samping makan seafood, ada sebuah kebiasaan yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari gatal atau kulit memerah. Biasakan setelah makan seafood, baiknya mulailah untuk makan salad sebelum menikmati seafood. Salad hijau, dapat mengurangi risiko alergi sebelum makan seafood.

Semoga tips ini membantu Anda.

Editor : Albertus Indratno

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Handayani FM

    Handayani FM

    Handayani FM



    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini