Tips Hari Ini

Ini 9 Cara yang Bikin Puasamu Tambah Oke

Oleh : Albertus Indratno / Rabu, 01 Juni 2016 09:39

Halo! 

Sebelumnya tim gudeg.net mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa. Sudah ada niatan apa pada momen suci itu? Semoga selain bisa tuntas menahan hasrat makan dan minum juga semakin suci di dalam pikiran, perkataan dan perbuatan. Amin...amin...amin...! 

Nah, supaya segala niat baik itu terwujud, ada beberapa tipsnya! Sangat sederhana dan mudah dilakukan kok. So, jangan kawatir ya! 

#1 Makan secukupnya

Plis, jangan ibaratkan puasa seperti mengosongi tanki bensin, lalu saat ketemu pom sebanyak-banyaknya. Saat berbuka puasa, biasa saja. Tak perlu kalap apalagi sampai kayak kesurupan. Tubuh ibarat mesin; butuh pemanasan. Makanlah secukupnya dan pelan-pelan. Biarkanlah tubuh menyerap makanan secara sempurna. 

#2 Makan tiga kali sehari

Meski sedang puasa, tubuh mengikuti pola lama. Semisal, jika sebelum puasa kamu makan tiga kali sehari, maka saat puasa pun tubuh “menuntut” hal yang sama. Bedanya ada di pengaturan pola makannya. Pertama, makanlah saat sahur, berbuka lalu tiga jam sesudahnya.

#3 Konsumsi buah dan sayur

Makan buah dan sayur yang mengandung vitamin dan serat berguna bagi kesehatan tubuh. Sedangkan sebagai sumber karbohidrat, kamu bisa mengkonsumsi nasi dan ubi-ubian.

#4 Hindari sengatan matahari

Terpapar sinar matahari dalam waktu lama berpotensi menyebabkan dehidrasi. Sebisa mungkin, hindari sengatan sinar matahari atau gunakan pelindung seperti jaket, topi atau payung saat berada di luar ruangan. 

#5 Memeriksakan diri ke dokter

Nah, aktivitas ini yang ternyata sering dilupakan. Saat puasa, sebaiknya kamu memeriksakan diri ke dokter. Keterangan tenaga medis penting untuk mengukur apakah kamu mampu atau tidak meneruskan puasa. 

#6 Jangan memaksakan diri

Apabila ditengah menjalankan ibadah puasa terjadi gangguan kesehata, segera konsultasi ke dokter. Patuhilah nasehat dokter, meskipun membuat Anda harus membatalkan puasa. Ketimbang terjadi efek kesehatan yang lebih buruk, kamu sebaiknya sadar diri dan mengganti puasa di lain hari. 

#7 Menulis pengalaman puasa

Percaya atau tidak, puasa merupakan pengalaman menarik dan berkesan. Selama menjalankan ibadah suci itu sebaiknya kamu juga menulis catatan. Pendek-pendek saja. Yang penting corat-coretmu menjadi ekspresi perasaan yang terdalam, bisa juga uneg-uneg yang selama ini bikin eneg. 

#7 Kamu Berani Mati Raga

Puasa itu buat kamu-kamu yang berani mati raga. Ini perjuangan bung! Selama puasa tanamkan dalam hati kamu sedang berjuang dan selalu mendekati kemenangan. Pengalaman bangun sebelum subuh dan terus beraktivitas seperti biasa hanya bisa terjadi buat kamu yang berniat menjadi juara saat Idul Fitri tiba. 

#8 Khusuk Beribadah

Kalau selama ini kamu ibadahnya setengah hati, maka sekarang harus beda. Puasa jadi pemacu sembahyang sepenuh jiwa.  Tidak ada alasan macem-macem.  Ya, kadang-kadang kita perlu merasakan nikmatnya totalitas dalam hidup. 

#9 Tebar Amal Kebaikan

Katanya, memberi itu membahagiakan. Bukan perkara itu kehendak Tuhan juga, tapi karena memberi, berderma itu merupakan ekspresi jiwa. Nah, bagaimana kamu ngga happy kalau tiap hari selama bulan suci Ramadhan jiwamu dibiarkan bebas berekspresi.

Benar kan guys?

Semoga tips gudeg.net berguna ya dan bikin puasamu semakin kece. 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    CJDW 107 FM

    CJDW 107 FM

    CJDW 107 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini