Tips Hari Ini

4 Tips Mengajak Anak Berpuasa dibulan Ramadhan

Oleh : Budi W / Rabu, 08 Juni 2016 13:50

“Barangsiapa yang tidak berpuasa di pagi hari, maka hendaklah ia menyempurnakan sisa hari ini dengan berpuasa. Barangsiapa yang berpuasa di pagi harinya, hendaklah ia tetap berpuasa.” Ar Rubayyi’ berkata, “Kami berpuasa setelah itu. Dan kami mengajak anak-anak kami untuk berpuasa. Kami membuatkan pada mereka mainan dari bulu. Jika saat puasa mereka ingin makan, maka kami berikan pada mereka mainan tersebut. Akhirnya mereka terus terhibur sehingga mereka menjalankan puasa hingga waktu berbuka.” (HR. Bukhari no. 1960).

Itulah cuplikan hadist yang dapat menjadi pegangan orang tua agar mulai semenjak dini mengajarkan putra - putrinya untuk berpuasa. Berikut Tips cara mengajak buah hati agar latihan puasa.

1. Latih mereka untuk bangun sahur dan shalat shubuh
Meski buah hati pada akhirnya tidak berpuasa, bangunkan mereka untuk makan sahur dan shalat shubuh. Tanamkan sikap displin sejak dini.

2. Ajarkan anak-anak Anda berdo’a ketika sahur maupun berbuka puasa
Ajaklah anak Anda untuk shalat Tarawih sehingga mereka terbiasa dan tahu tentang hal itu sejak usia dini. Mereka bisa dibiarkan saja duduk atau berbaring ketika mereka merasa lelah.

3. Ajak bersedekah
Melakukan sedekah didepan anak dan memberitahu mereka bahwa Anda melakukannya karena shodaqoh dan amal lainnya di bulan Ramadhan lebih besar pahalanya dari hari-hari biasa. Tanamkan sikap untuk berbagi pula pada sesama.

4. Ajari bertadarus atau membaca Al ' Quran.
Nabi (shallallahu 'alaihi wa sallam) selalu melakukan tadarus di setiap bulan Ramadhan. Luruskan mereka jika mereka berperilaku salah atau mengucapkan kata-kata kurang baik dan mengingatkan mereka bahwa mereka sedang berpuasa, beritahukan mereka bahwa hal itu bisa mengurangi pahala puasa Ramadhan mereka.

Orang yang diberi tanggung jawab untuk membesarkan anak perempuan dan memperlakukan mereka dengan baik, akan menjadi perisai baginya dari neraka. (H.R Bukhari dan Muslim). Semoga informasi ini bermanfaat. 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini