Tips Hari Ini

6 Tips Nyaman Mudik Pakai Mobil Pribadi

Oleh : Budi W / Jumat, 17 Juni 2016 10:57


Berburu tiket untuk mudik lebaran membuat sebagian besar diantara kita malas dan tak sabar. Alternatif nomor satu setelah tak menggunakan kendaraan umum yakni menggunakan kendaraan pribadi khususnya mobil. Ada sejumlah keuntungan dan kerugian tentunya menggunakan kendaraan pribadi, namun alasan lebih fleksibel ini menjadi latar belakang paling utama mengapa saat ini banyak yang suka menggunakan mobil untuk mudik.

Nah, Dilansir dari laman Kompas Dot Com, berikut Tim Gudegnet berikan tips melakukan persiapan mudik menggunakan mobil yang wajib dan harus Anda terapkan ketika akan bepergian jauh.

1. Cek Kondisi Kendaraan Sebelum Berangkat
Cara nomor satu ini menjadi sangat wajib untuk memastikan kondisi kendaraan secara menyeluruh ketika akan mudik. Bawa mobil Anda ke bengkel langganan untuk di tune up. Periksakan keadaan mesin, rem, oli ,roda serta bagian penting seperti aki, wiper, busi dan lainnya. Jika perlu diganti sebaiknya Anda minta bengkel untuk menggantinya. Usahakan, serviskan kendaraan Anda jauh hari sebelum hari H jelang lebaran. Biasanya, bengkel langganan selalu penuh antrian.

2. Perlengkapan Servis & P3K ini Penting banget
Meski kendaraan sudah di tune up di bengkel langganan, namun yang namanya musibah bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Untuk memperkecil adanya kejadian yang tak diinginkan, usahakan perlengkapan servis selalu tersedia didalam mobil Anda. Tools darurat yang wajib Anda bawa yakni dongkrak, kunci roda, senter, serta kabel jumper, pengukur tekanan ban, sekring, duct tape, sarung tangan dan segitiga peringatan sangat penting untuk Anda bawa. Tak hanya itu, jika sewaktu - waktu terjadi kecelakaan ringan,  Peralatan P3K juga sangat dibutuhkan.

3. Patuhi Peraturan Lalu - Lintas dan Jangan Bawa Banyak Muatan
Dua hal ini sering dilanggar oleh pengguna jalan raya. Jangan sampai Anda mengikuti jejak yang salah seperti ini. Sangat dianjurkan bahwa dengan mematuhi lalu lintas, maka Anda telah secara otomatis menjaga keselamatan pribadi dan orang lain. Ingat, jangan memaksakan mobil Anda untuk mengangkut muatan berlebih karena bisa berakibat kecelakaan.

4. Jangan Paksakan menyetir Kalau Capai
Tubuh itu punya kemampuan yang berbeda - beda disetiap orang. Mengendara mobil secara terus menerus membuat Anda cepat lelah dan mengantuk. Untuk menghindari kecelakaan fatal, ada baiknya Anda mengatur ritme berkendara.  Usahakan bergantian menyetir dengan anggota keluarga yang lain. Jika tidak ada, maka sebaiknya beristirahat dan tidur untuk mengganti kondisi tubuh yang kelelahan.

5. Bawa Bekal Makanan dan Minuman
Saat melakukan perjalanan jauh, dalam islam ada sebuah statement yang menyatakan bahwa jika dalam perjalanan dan merasa berat untuk menjalankan puasa, maka bolehlah ia tidak berpuasa dan wajib mengganti hari sesuai yang ia tinggalkan.

Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.” (Qs. al-Baqarah: 185).

Dalam pernyataan di surah al-Baqarah: 185, boleh Anda tidak berpuasa jika akan mudik dan dalam perjalan jauh. Bagi Anda yang ingin menerapkan hukum ini, maka Anda bisa membawa bekal makanan dan minuman yang cukup ketika berkendara menuju kampung halaman. Namun jika Anda merasa kuat dalam melaksanakan ibadah puasa, maka makan dan minuman ini bisa digunakan ketika akan berbuka puasa dan sahur ketika dalam perjalanan.

6. Bikin Situasi dalam Kabin Mobil lebih Nyaman
Agar perjalanan semakin nyaman, atur temperatur AC dalam kabin dengan suhu yang cukup. Tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Suhu yang pas akan menghindarkan Anda dari rasa mengantuk. Pasang musik yang Anda dan keluarga suka agar tidak bosan. Usahakan juga untuk menyediakan ruang yang cukup untuk penumpang.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini