Tips Hari Ini

6 Tips Agar Anak Lebih Asik Masuk TK

Oleh : Budi W / Selasa, 19 Juli 2016 10:47
Siswa TK bermain di Playground sekolah


Punya anak yang baru saja masuk TK memang memerlukan perhatian khusus terutama apabila Anda selaku orang tua sibuk dan harus menitipkan anak ke TK terkait. Agar hari berikutnya Anda tidak repot, sepertinya perlu sejumlah pemahaman pada anak agar semuanya ada win - win solution. Berikut tips yang bisa Anda terapkan bersama buah hati.

Ajak Anak Cerita
Cara mudah orang tua berkomunikasi dengan anak yakni menanyakan hal apa yang terjadi di sekolah barunya. Ajak dia menceritakan kisahnya hari ini. Tanya dan gali informasi apakah hari tersebut menyenangkan atau bahkan sebaliknya.

Agar Anak Tak Bosan, Ikuti Cara Ini
Jalan menuju sekolah si anak bisa dicapai melalui beberapa rute. Ajak si anak bercerita mengenai lokasi spesial yang belum pernah Anda ceritakan kepada buah hati. Fungsi dari cerita ini agar membuatnya terkesan menarik dan agar ia tidak bosan.

Silaturahmi dengan Guru & Datang ke Kelas
Menjalin komunikasi dengan guru merupakan hal penting yang harus dilakukan orang tua. Titipkan anak Anda kepada guru, mohon untuk dibimbing secara baik dan benar. Mintalah no telepon guru wali kelas untuk melakukan komunikasi dikemudian hari. Setelah itu, ajak anak Anda keliling TK, ajak dia untuk mengenal sejumlah spot seperti ruang kelas, playground atau halaman belakang.

Agar Lebih Tertarik, Ajak Dia Beli Alat Tulis
Cara ini terbukti cukup mudah membuat dia tertarik akan sekolah barunya. Sebelum ke sekolah, siapkan daftar belanja kebutuhan sekolah seperti buku, pulpen, potlot, tas, kotak makan atau peralatan lainnya. Ketika berada di toko, biarkan ia memilih apa yang dia inginkan sesuai dengan selera dia.

Sesuaikan Jadwal Sekolah
Jika di tingkat TK, ada sejumlah ketentuan yang harus disesuiakan orang tua untuk mengantar dan jemput anak. Usahakan Anda menyesuiakan atau bahkan mengatur jadwal tidur, bangun tidur, dan sarapan, berdasar pada jam masuk sekolah.  

Persiapkan Diri
Ada pandangan yang mengatakan "Apa yang dirasakan anak adalah refleksi dari perasaan orang tua". Jika kita sebagai orang tua antusias dan berfikir positif mengenai hari pertama anak masuk sekolah, suka cita kita ini akan menjadi bagian dari pengalaman anak. Maka selain menyiapkan fisik dan mental anak, juga perlu menyiapkan diri kita menyambut salah satu momen berharga dalam perjalanan hidup si kecil. 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini