Tips Hari Ini

Tips Membuat Vlog

Oleh : Admin / Senin, 10 Oktober 2016 14:50
Sumber foto: www.kaskus.co.id

 

Akhir-akhir ini vlog  (video blog) mulai ngetren di kalangan anak muda. Vlog biasanya berisi tentang kegiatan sehari-hari para vlogger (pembuat vlog) atau vlog yang mempunyai tema-tema tertentu seperti vlog tentang perjalanan, kecantikan, memasak, kuliner, dan lainnya. Berikut ini Tim Gudegnet membagi tips untuk membuat vlog untuk pemula:

1. Menentukan Tema

Tema dalam vlog menjadi sesuatu yang penting. Apakah kamu mau membuat vlog bertema kegiatan sehari-hari, kuliner, travelling, kecantikan atau lainnya? Kalau misal tentang kuliner, kamu dapat memilih tempat makan mana yang sekiranya unik dan dapat menarik banyak viewers.

2. Membuat Skenario

Skenario atau alur cerita sebaiknya dibuat dengan rinci dan jelas agar pada saat mengambil gambar tidak banyak adegan yang salah. Skenario dan apa saja informasi yang akan disampaikan dalam vlog harus ditulis terlebih dahulu agar cerita yang disajikan dapat nyambung.

3. Memilih Latar Belakang

Misalnya kamu mau membuat vlog tentang travelling, latar belakang yang bagus seperti hamparan sawah, gunung, atau pantai dapat menjadi pilihan agar vlog kamu lebih kece. Pilihlah latar belakang dengan angle yang bagus dan tidak menganggu pandangan para viewers.

4. Menyiapkan Peralatan Teknis

Peralatan seperti kamera, tripod, clip on, tongsis, sebaiknya disiapkan terlebih dahulu. Pastikan baterai kamera full, jangan sampai di tengah-tengah pengambilan gambar ternyata kamera low bat, tentu saja akan mengganggu.

5. Memilih Pencahayaan yang Tepat

Sebelum mengambil gambar, sebaiknya cek dulu apakah cahaya di tempat tersebut sudah pas atau belum. Cek dulu di kamera apakah cahaya terlalu gelap atau terlalu terang. Jika telalu gelap, kamu dapat menambah peralatan seperti lampu atau flash.

6. Menyiapkan Objek

Sebelum mengambil gambar, objek harus berada pada posisi yang tepat sesuai dengan bagian-bagiannya.

7. Pengambilan Gambar

Dalam pengambilan gambar, skenario dan alur cerita sebaiknya dipelajari atau dihafalkan dengan matang agar tidak terjadi kesalahan berulang-ulang. Kamu sebaiknya bercerita dengan mengalir dan jangan terlihat canggung di kamera.

8. Mengedit Video

Bagian ini editing ini sangat penting dan memakan waktu. Ketika kamu memutar kembali hasil rekaman, pasti ada beberapa di antaranya yang tidak pas. Kamu dapat memilih gambar yang sekiranya layak untuk dimuat. Supaya vlogmu terlihat lebih menarik, kamu dapat mengerahkan seluruh daya kreatifmu seperti menambah sound, emoticon, gambar, word, dan lainnya.

9. Upload Video

Setelah editing, vlogmu siap untuk diupload dan disebarkan di jagad maya. Sebaiknya ditambah deskripsi singkat tentang vlogmu, atau buat judul yang membuat penasaran viewers.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini