Tips Hari Ini

Perabot Rumah Mengkilap Cukup dengan Bumbu Dapur

Oleh : Veronika Sekar / Senin, 21 November 2016 10:52
Sumber foto: http://www.ngs.co.uk

 

Perabot rumah yang kotor dan kusam membuat rumah menjadi kurang enak dipandang. Oleh karena itu, bersih – bersih dan mengelap perabot rumah menjadi hal yang rutin dilakukan. Debu, kotoran, kerak, dapat dengan mudah muncul jika kita jarang membersihkannya. Untuk membersihkannya kita sering menggunakan berbagai bahan kimia yang tidak ramah lingkungan dan kurang baik untuk kesehatan. Tapi jangan khawatir, bumbu-bumbu dapur ini ternyata bisa digunakan untuk bersih-bersih lho, yuk simak tipsnya:

1. Garam

Bumbu dapur ini ternyata memiliki banyak manfaat. Garam mengandung mineral yang dapat menyerap minyak pada piring, peralatan masak bahkan kerak yang membandel pada pantat panci sekalipun. Caranya dengan menaburkan garam pada noda minyak kemudian diamkan lebih kurang satu jam. Setelah itu gosok-gosok sampai bersih.

2. Cuka

Kehabisan cairan pembersih lantai? Jangan khawatir, cuka bisa digunakan untuk membersihkan lantai dan noda-noda membandel yang membuat lantai tampak kusam. Caranya dengan mencampurkan cuka dengan 3 liter air kemudian gosok bagian lantai yang terdapat noda. Lalu bilas kembali dengan air.

3. Lemon

Kadar asam yang tinggi pada lemon dapat membunuh kuman dan bakteri dan mencerahkan peralatan masak. Selain itu, lemon juga menghasilkan aroma citrus yang segar sehingga menghilangkan bau amis dan tidak sedap pada peralatan masak. Caranya dengan memeras lemon dan mencapurkan dengan 1 liter air, gunakan spon untuk mengelap peralatan masak yang kotor seperti panci, wajan, dan lainnya. Selain itu, air lemon juga ampuh untuk membersihkan rice cooker, kompor gas, dan tempat cuci piring.

4. Baking Soda

Baking soda merupakan mineral alami yang ramah lingkungan dan aman untuk kulit sensitif. Baking soda berguna untuk mengembalikan warna pakaian agar lebih cerah caranya dengan mencampurkan satu cangkir baking soda ke dalam 4 liter air. Setelah itu rendam cucian lebih kurang 1 jam, kemudian cuci dengan detergen lembut. Selain itu baking soda juga berguna untuk membersihkan noda dan mengurangi bau tidak sedap pada kulkas. Caranya dengan larutkan baking soda dengan air hangat kemudian lap bagian kulkas yang terkena noda. Untuk mengurangi bau tak sedap, letakkan baking soda pada wadah terbuka dan simpan di dalam kulkas.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini