Tips Hari Ini

Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

Oleh : Veronika Sekar / Kamis, 24 November 2016 11:15
Sumber foto: http://rajakirim.co.id

 

Terkadang kecelakaan di jalan raya terjadi akibat hujan deras. Pada saat musim hujan kita harus meningkatkan kewaspadaan saat berkendara apalagi bagi pengendara motor. Hujan menyebabkan jalanan menjadi licin, jarak pandang terganggu, daya cengkeram ban berkurang, dan menimbulkan genangan yang menyembunyikan lubang yang besar. Berikut Gudegnet menyajikan tips aman berkendara untuk Anda.

#1 Periksa Kondisi Kendaraan

Sebelum menerobos hujan ada baiknya Anda memeriksa kondisi kendaraan, seperti memeriksa lampu kendaraan. Pastikan semua lampu menyala sebagaimana fungsinya. Nyalakan lampu pada saat hujan karena jarak pandang yang terbatas. Kemudian cek tekanan udara dan kedalaman alur ban agar ban tidak tergelincir pada saat hujan. Pastikan juga kondisi rem depan, rem belakang, gas, dan kopling dalam kondisi baik.

#2 Gunakan Mantel Hujan

Gunakan mantel yang nyaman dan tidak mengganggu saat berkendara. Sebaiknya gunakan mantel hujan yang terdiri dari bagian jaket dan celana agar mantel tidak terbang terkena angin dan bagian tubuh dapat terlindungi dengan baik dari hujan. Hindari menggunakan mantel jenis ponco karena dapat tersangkut di roda kendaraan atau tersangkut di kendaraan lain.

#3 Gunakan Alas Kaki yang Tidak Licin

Gunakan alas kaki yang tidak licin dan tahan air. Jangan mengunakan sepatu dengan hak tinggi atau sepatu yang memiliki sol licin karena dapat mengganggu saat mengerem atau memindahkan persneling.

#4 Kurangi kecepatan Anda

Pada saat musim hujan jalan menjadi licin karena bercampur dengan oli dan air. Oleh karena itu kurangi kecepatan dalam berkendara untuk mencegah slip atau tergelincir saat melakukan pengereman. Selain itu, jaga jarak aman dengan kendaraan lainnya karena pada saat hujan pengereman membutuhkan jarak yang lebih jauh dibandingkan pada saat kondisi jalan kering.  

#5 Berteduh yang aman

Jika hujan terlalu lebat disertai dengan angin kencang, Anda sebaiknya berteduh di tempat aman. Berteduhlah di tempat yang tidak terlalu dekat dengan papan reklame atau pohon karena rawan roboh terkena angin kencang. Selain itu, jangan memarkir kendaraan Anda di pinggir jalan karena dapat mengganggu pengendara lain.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini