Tips Hari Ini

Makanan dan Minuman Ini Jika Dikonsumsi Bersama Efeknya Bahaya Lho

Oleh : Veronika Sekar / Selasa, 06 Desember 2016 11:37
Foto oleh: www.recipeshubs.com

 

Seringkali kita mencampur dan mengkombinasikan makanan. Padahal setiap makanan mempunyai nilai gizi sendiri dan ternyata kombinasi makanan yang salah dapat menghilangkan nilai gizi tersebut. Efek parahnya lagi adalah berbahaya bagi kesehatan. Nah, ngga mau kan sudah makan banyak ternyata malah tidak bergizi?

#1. Daging dan Kentang

Kalau kamu suka makan steak biasanya dihidangkan bersama dengan kentang. Nah ternyata sumber protein hewani yang terkandung dalam steak jika dikombinasi dengan karbohirat yang ada pada kentang dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Perbedaan enzim pencernaan yang dikeluarkan tubuh manusia membuat zat gizi keduanya menjadi tidak tercerna dengan baik sangat dimakan bersamaan.

#2. Roti Tawar dan Selai

Roti tawar dan selai bisanya menjadi “dua sejoli” yang cocok sekali disantap ketika sarapan. Namun ternyata efeknya tidak baik bagi kesehatan karena keduanya mengandung karbohidrat olahan yang dapat menaikkan gula darah dengan cepat. Jika sering makan ini dalam waktu yang lama dapat menyebabkan masalah pada pankreas dalam menghasilkan insulin dan berujung pada penyakit diabetes.

#3. Susu dan Coklat

Perpaduan susu dan coklat menghasilkan minuman yang manis dan enak. Namun ternyata jika dikonsumsi bersamaan dapat mengakibatkan diare lho. Susu mengandung protein dan kalsium, sedangkan coklat mengandung asam oksalat. Jika dikonsumsi bersama akan menghasilkan kalsium oksalat yang tidak mudah larut dalam tubuh dan menyebabkan diare.

#4. Susu dan Teh

Teh susu atau teh tarik memang nikmat sekali diminum apalagi ditambah dengan es batu. Tapi ternyata minum teh dan susu bersamaan dapat menghilangkan zat antioksidan yang terkandung dalam teh. Protein yang terkandung dalam susu mengikat antioksidan tersebut. Selain itu zat kalsium yang terdapat dalam susu juga tidak dapat dicerna karena zat tanin dalam teh akan menurunkan daya serap kalsium dalam tubuh.

#5. Udang dan Es Jeruk

Makan seafood seperti udang memang enak jika minumnya es jeruk yang segar. Tapi ternyata udang mengandung senyawa yang berubah menjadi arsenik atau zat kimi beracun jika bertemu dengan vitamin C. Jika seseorang makan udang dan juga minum es jeruk atau makanan lain yang mengandung vitamin C pada hari yang sama dapat menyebabkan resiko serius.

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Elja Radio

    Elja Radio

    Radio Komunitas Radio komunitas yang berafiliasi kepada Elja Media Corp. official media PSS Sleman


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini