Tips Hari Ini

Tips Menetralisir Rasa Pedas pada Makanan

Oleh : Veronika Sekar / Rabu, 07 Desember 2016 13:48
Photo oleh: carasehat123.blogspot.com

 

Kebanyakan orang Indonesia menyukai rasa pedas yang nampol di lidah. Pedasnya sambal dipadu dengan lezatnya lauk dan pulennya nasi membuat lidah bergoyang dan tentunya menggugah selera makan. Ternyata rasa pedas pada cabai dihasilkan oleh zat capsaicin. Sensasi pedas suatu makanan malah membuat semakin penasaran dan semakin mengundang selera makan. Tapi setelah makan pedas, rasa pedas masih tersisa di lidah. Selain itu, jika perut tidak kuat maka makanan pedas dapat menyebabkan diare. Berikut tips untuk menetralisir rasa pedas pada makanan:

#1. Minum Susu

Setelah makan pedas sebaiknya kamu minum susu karena dapat menetralkan alarm pedas yang dikirimkan oleh capsaicin ke dalam tubuh melalui darah. Selain itu, susu mengandung protein yang dapat menggantikan senyawa yang dapat membuat tubuh terasa panas gara-gara mengonsumsi cabai.

#2. Makan Makanan Sampingan

Untuk mengurangi rasa pedas kamu dapat memakan krupuk atau makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi dan roti. Mengonsumsi makan tersebut dapat membantu menyerap capsaicin yang ada di mulut sehingga menetralisir rasa pedas pada makanan.

#3. Makan Coklat

Coklat dapat mengurangi rasa pedas di lidah dengan cepat karena mengandung lemak yang tinggi sehingga dapat menghilangkan zat capsaicin. Milk chocolate lebih cepat menghilangkan pedas karena mengandung lemak yang lebih banyak dibandingkan dengan dark chocolate.

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini