Tips Hari Ini

7 Benda Ini Jangan Dijadikan Kado Imlek

Oleh : Veronika Sekar / Rabu, 25 Januari 2017 15:30
Foto oleh: bknpk.com

 

Yogyakarta, www.gudeg.net - Imlek biasanya dijadikan sebagai ajang berkumpulnya keluarga besar untuk makan dan berdoa bersama memohon keberuntungan dan kelancaran di tahun baru serta menjauhkan dari hal-hal buruk. Imlek juga digunakan sebagai momen bagi-bagi angpao dan kado. Nah, bagi orang Tionghoa, memberi kado kepada keluarga atau orang terkasih di tahun baru Imlek tidak bisa sembarangan. Berikut Tim Gudegnet memberikan informasi apa saja benda yang tidak boleh diberikan pada saat Imlek:

#1 Benda Berwarna Hitam dan Putih

Bagi warga Tionghoa benda berwarna hitam dan putih tabu untuk diberikan karena warna tersebut biasa digunakan dalam acara pemakaman. Warna hitam putih juga identik dengan duka cita. Bahkan membungkus kado dengan warna hitam atau putih juga merupakan hal yang tabu.

#2 Kalung

Jika Anda ingin memberi kalung, jangan diberikan kepada teman yang sudah dianggap seperti saudara. Menurut kepercayaan Tionghoa, benda seperti kalung, dasi, atau ikat pinggang diibaratkan sebagai hubungan yang intim. Benda ini biasanya hanya diberikan kepada kekasih atau pasangan.

#3 Topi Warna Hijau

Menurut kepercayaan Tionghoa, topi warna hijau merupakan cerminan istri yang tidak setia. Oleh karena itu, jangan berikan kado berupa topi berwarna hijau.

#4 Benda Tajam

Benda tajam seperti pisau atau gunting merupakan hal yang tidak boleh diberikan karena pemberi kado diibaratkan ingin memutus tali pertemanan.

#5 Jangan Beri Kado yang Mengandung Unsur 4

Dalam bahasa Mandarin angka 4 yaitu “si” pelafalannya sama dengan kata kematian walaupun kedua kata tersebut mempunyai karakter huruf yang berbeda. Oleh karena itu jangan memberi barang berjumlah 4 atau kelipatannya yang mengandung unsur  4.

#6 Sapu Tangan

Sapu tangan terkadang diberikan pada saat duka cita atau upacara pemakaman. Hal ini merupakan simbol ucapan selamat tinggal untuk selamanya. Memberikan sapu tangan berarti Anda berniat untuk mengucapkan selamat tinggal dan memutus semua hubungan.

#7 Cermin

Memberi kado cermin atau kaca merupakan hal yang kurang baik. Menurut kepercayaan Tionghoa, cermin diyakini dapat menarik hantu jahat.

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini