Tips Hari Ini

5 Tradisi Unik Saat Imlek

Oleh : Veronika Sekar / Jumat, 27 Januari 2017 11:30
Foto oleh: img.okezone.com

 

Yogyakarta, www.gudeg.net - Perayaan Tahun baru Imlek merupakan hal yang dinantikan oleh masyarakat Tionghoa. Tahun baru Imlek juga merupakan salah satu perayaan penting dalam tradisi Cina. Imlek sudah dirayakan  turun temurun dan muncul tradisi unik yang mengiringi perayaan tahun baru ini. Nah, berikut ini Tim Gudegnet memberikan informasinya untuk Anda:

#1 Bagi Angpao

Angpao merupakan benda penting yang wajib pada saat Imlek. Bagi-bagi angpao merupakan tradisi yang paling ditunggu-tunggu. Pada momen ini biasanya orang yang sudah berkeluarga memberikan angpao kepada orang tua dan anak-anak. Hal ini bermakna untuk memberikan keberuntungan dan kesejahteraan kepada penerima.

#2 Barongsai

Pada saat Imlek biasanya digelar pertunjukkan barongsai di tempat-tempat umum seperti mall, taman, atau pusat keramaian. Menurut kepercayaan Tionghoa, Liong dan Barongsai merupakan lambing kebahagiaan dan kesenangan. Selain itu, Barongsai juga dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan.

#3 Menyalakan Petasan

Jika kita merayakan tahun baru, kembang api menjadi hal yang wajib untuk membuat suasana meriah. Begitu juga dengan perayaan Tahun baru Imlek, membakar petasan memiliki makna untuk membuang nasib-nasib buruk di tahun lalu dan menyambut tahun baru dengan harapan dapat lebih bahagia dan lebih baik.

# 4 Menyantap Ikan

Imlek juga memiliki tradisi makan bersama keluarga. Biasanya disajikan hidangan-hidangan khas Imlek yang memiliki makna tersendiri. Salah satu hidangan wajib pada saat Imlek adalah ikan. Di Indonesia biasanya warga Tionghoa menggunakan ikan bandeng berukuran besar untuk perayaan Imlek. Ikan dipercaya dapat mendatangkan rejeki atau uang berlebih dan nasib baik di tahun mendatang.

#5 Pantang Makan Bubur

Salah satu makanan yang pantang disajikan pada saat Imlek adalah bubur. Menurut kepercayaan Tionghoa, bubur merupakan simbol kemiskinan sehingga dihindari dalam perayaan tahun baru Imlek. Selain itu, menyajikan bubur saat Imlek dapat menimbulkan ketidakberuntungan atau sial.

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini