Tips Hari Ini

5 Kegunaan Soda yang Belum Kamu Tahu

Oleh : Veronika Sekar / Jumat, 03 Februari 2017 14:00
Foto oleh: www.usnews.com

 

Yogyakarta, www.gudeg.net - Soda merupakan minuman yang biasa diminum oleh orang Indonesia. Walaupun tidak sesering minum teh atau kopi, minuman ini menjadi andalan untuk acara-acara seperti pernikahan, ulang tahun, kumpul keluarga, lebaran, dan lainnya. Selain untuk minuman, ternyata soda juga mempunyai beberapa kegunaan. Berikut Tim Gudegnet merangkumkan untuk Anda:

#1 Membersihkan Kerak pada Wajan

Soda dapat digunakan untuk membersihkan kerak pada wajan yang gosong. Caranya dengan menuangkan soda pada penggorengan kemudian panaskan sambil diaduk. Kerak pada wajan akan rontok dan mudah untuk dibersihkan.

#2 Membersihkan Bekas Oli atau Minyak

Bekas minyak atau oli yang tumpah kerap sekali susah dihilangkan apalagi jika menempel pada lantai yang berpori. Untuk mengatasinya, tuangkan soda pada bagian yang terkena oli. Diamkan kurang lebih 10 – 15 menit. Lalu semprot dengan selang air.

#3 Membersihkan Koleksi Koin

Jika Anda sering menabung koin atau uang receh, terkadang karena terlalu lama, koin tersebut berjamur atau menghitam. Untuk membersihkannya, gosok koin tersebut dengan menggunakan soda. Diamkan selama 10 menit, koin akan kembali bersinar dan bersih.

#4 Menarik Lalat dan Serangga

Tuangkan soda ke dalam mangkuk lalu letakkan di sisi meja yang digunakan untuk meletakkan makanan. Biarkan selama satu jam, lalat dan serangga akan mengerubuti soda tersebut karena tertarik dengan aroma dan rasa manisnya. Dengan begitu, makanan yang diletakkan dapat terhindar dari lalat, semut, atau serangga lainnya.

#5 Membersihkan Kloset

Jika kebetulan pembersih toilet Anda habis, jangan khawatir gunakan soda untuk mengatasinya. Caranya dengan menuangkan soda pada kloset sampai kotoran yang menempel mulai luntur. Kemudian gosok dengan menggunakan sikat toilet hingga bersih dan bilas dengan air.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini