Tips Hari Ini

5 Tips Mengobati Flu Secara Alami

Oleh : Veronika Sekar / Jumat, 17 Februari 2017 15:00
5 Tips Mengobati Flu Secara Alami
Foto oleh: www.huffingtonpost.ca

 

Yogyakarta, www.gudeg.net - Flu sering menyerang siapa saja mulai dari bayi hingga orang tua. Sakit flu yang ditandai dengan batuk dan pilek ini biasanya berkaitan dengan musim dan cuaca. Seseorang dapat mengalami flu berkali-kali dalam setahun. Nah untuk mengatasi flu, Tim Gudegnet menyajikan tips mengobati flu secara alami:

#1 Sering Buang Ingus

Membuang ingus secara teratur dapat membantu mengurangi pilek dan membuang virus atau bakteri yang ada di dalamnya. Buanglah ingus secara perlahan dengan menutup salah satu lubang hidung secara bergantian. Membuang ingus juga dapat melegakan pernafasan Anda.

#2 Minum Air Hangat

Minum air hangat seperti wedang jahe, susu, atau air lemon hangat dicampur dengan madu dapat melegakan tenggorokan dan meredakan hidung tersumbat. Atau sering-seringlah minum air putih hangat agar dahak dan ingus pada hidung mudah keluar.

#3 Berkumur Air Garam

Larutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Gunakanlah air tersebut untuk berkumur 3x sehari. Berkumur air garam dapat meredakan sakit tenggorokan atau radang yang biasanya datang bersamaan dengan flu.

#4 Makan Makanan Berkuah

Makanan berkuah dapat membantu melegakan tenggorokan dan mengeluarkan virus dalam tubuh. Cobalah memasak mi rebus ditambahkan dengan bawang putih dan cabai. Bawang putih mengandung zat phytochemical yang dapat membantu tubuh melawan infeksi. Sedangkan cabai berguna untuk memecah lendir di paru-paru.

#5 Beristirahat

Penyebab flu juga dapat muncul karena kurang istirahat dan kelelahan sehingga daya tahan tubuh kita menurun. Oleh karena itu, istirahat merupakan cara efektif untuk mengumpulkan energi untuk melawan penyakit. Hindarilah aktivitas berat dan tidur dengan cukup.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini