Tips Hari Ini

5 Cara Sehat Konsumsi Mie Instan

Oleh : Hanun W / Rabu, 17 Mei 2017 10:00
Ilustarasi Mie- Gudegnet/ Hanun W

 

www.gudeg.net, Yogyakarta –  Siapa yang tidak suka mie instan selain nikmat, penyajiannya pun begitu mudah dan praktis.Namun tahukah anda dibalik lezatnya mie instan ada efek buruk yang mengancam kesehatan apalagi jika anda terlalu sering mengkonsumsinya. Lalu bagaimana caranya makan mie instan dengan cara yang sehat tanpa mengurangi kenikmatannya? Penasaran? Yuk simak tips di bawah ini

#1 Tanggal Kadaluarsa

Pastikan anda mengecek tanggal kadaluarsa pada kemasan mie instan sebelum anda memasak dan mengkonsumsinya. Jangan sampai anda mengkonsumsi mie instan yang ternyata sudah dekat dengan batas expired-nya. Mie instan yang kadaluarsa tentu berbahaya dan tidak baik bagi kesehatan.  

#2 Kurangi Bumbu

Banyaknya kandungan garam dan MSG pada bumbu mie instan memberikan pengaruh buruk pada kesehatan anda jika dikonsumsi secara terus-menerus. Anda bisa menyiasatinya dengan mengurangi pemakaian bumbu mie instan yang semula full menjadi setengahnya saja. Atau juga bisa mengganti bumbu instan pada mie instan dengan bumbu racikan anda sendiri seperti bawang putih, merica, gula, kecap dan lain sebagainya.

#3 Perhatikan Cara Memasak

Memasak mie instan memang terkenal praktis dan mudah, namun tetap saja ada rambu-rambu yang harus anda perhatikan. Masak mie instan sampai matang sesuai dengan saran penyajian yang ada pada kemasan mie instan. Ubah kebiasaan anda mengkonsumsi mie instan dalam keadaan mentah karena jika terlalu sering dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan anda.

#4 Tambahan Topping

Berikan topping berupa sayuran, telur, daging ataupun ayam pada olahan masakan mie instan anda. Selain lebih nikmat, topping sayuran dan daging ini juga akan menambah nilai gizi pada masakan mie instan karena kandungan protein dan vitamin yang ada di dalamnya.

#5 Jangan Campur Nasi

Jika anda hobi memiliki hobi makan mie instan  yang dicampur dengan nasi sebaiknya mulai sekarang hentikan kebiasaan buruk ini. Karena mie instan sendiri sudah mengandung banyak kalori dan karbohidrat, apalagi jika anda menambahkan nasi maka kandungan kadar gula dalam masakan mie instan anda akan semakin tinggi juga.

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini