Desa Wisata

Desa Wisata Gamplong Yogyakarta

Gamplong, Sumber Rahayu, Moyudan, Sleman, Yogyakarta, INDONESIA

Desa Wisata Gamplong Yogyakarta

Ulasan

Ulasan Singkat Desa Wisata Gamplong

Desa Wisata Gamplong adalah desa wisata kerajinan tenun yang berada di Padukuhan Gamplong Desa Sumber Rahayu Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Desa wisata yang terletak di sebelah barat Kota Yogyakarta ini cukup menarik untuk disinggahi wisatawan terlebih karena masih adanya industri kerajinan tenun tradisional dengan menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Dengan ATBM, masyarakat perajin Gamplong mampu menghasilkan kain tenun sebagai bahan stagen (kain panjang untuk melilit bagian perut wanita). Selain kerajinan tenun, perajin juga mampu memproduksi kerajinan anyaman untuk suvenir.

Tak hanya terkenal dengan ATBM-nya, Desa Wisata yang teletak di Jl. Raya Wates Yogya Km 14 ini juga terkenal dengan kreativitas warganya yang mampu memanfaatkan eceng gondok, lidi kelapa, mendong, dan akar wangi yang hingga menjadi sejumlah produk istimewa yang mempunyai jual bahkan ekspor. Produk yang dapa mereka hasilkan berupa tas, dompet, aksesori wanita, gorden, tikar, dll.

Di Desa Wisata Gamplong terdapat tak kurang dari 24 perajin yang menggeluti usaha kecil yang umumnya bergerak dalam bidang tenun. Usaha dan kemampuan mereka umumnya didapatkan secara turun temurun dari leluhur mereka.

Kerajinan Apa saja yang dihasilkan di desa Gamplong ini?

Berbagai macam kerajinan yang dihasilkan oleh desa Gamplong ini, antara lain :

  • Kerajinan bahan tenun menghasilkan stagen (ikat pinggang wanita dari kain panjang) dan serbet
  • kerajinan anyaman yang berasal dari eceng gondok, lidi kelapa, mendong, dan akar wangi yang menghasilkan berbagai macam kerajinan seperti:  berbagai macam souvenir, pembuatan tas, dompet, asesoris wanita, gorden, tikar, dan lain-lain. 

Bagaimana proses pemasaran kerajinan di desa Gamplong ?

  • Hasil produksi mereka tak hanya dipasarkan di Yogyakarta saja, tapi juga banyak dipesan oleh pembeli dan pengusaha lain dari Bali dan Jakarta.
  • Sejumlah wisatawan dan pengusaha dari negeri tetangga Australia juga telah menjadi pelanggan tetap perajin di Gamplong.
  • Mereka juga menitipkan hasil karya kerajinan ke berbagai macam toko pusat oleh-oleh, toko souvenir dan produsen yang ada di kota

Fasilitas apa saja yang ada di desa Gamplong ?

  • Selain sebagai desa wisata kerajinan, di desa ini juga menyediakan workshop untuk belajar menenun bagi para wisatawan, Pengunjung dapat menikmati proses pembuatan kain tenun, proses membuat anyaman  dan dapat belajar langsung menenun yang akan didampingi oleh ibu-ibu pengrajin tenun.
  • Di desa ini juga terdapat Gallery yang memajang berbagai macam hasil karya para pengrajin di desa Gamplong ini.

Bagaimana cara menuju lokasi ?

  • Dari kota Yogyakarta menuju Jalan Raya Wates sampai ke Jalan Wates Km.15,pertigaan Klangon ke Utara .ketemu jembatan rel kereta api belok kiri,ikuti jalan sampai ketemu lapangan ambil jalan yang kiri,lurus saja kurang lebih 300 meter. nanti ada rumah joglo tempat itulah untuk acara workshop dan paguyupan.

Info selengkapnya :

  • Desa Gamplong, Sumberrahayu, Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55563,
  • Telepon : 08121583657 ( Pak Waludin )
  • Cek Galerry foto

 

Gallery

jogjastreamers

SWARAGAMA 101.7 FM

SWARAGAMA 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


GERONIMO 106,1 FM

GERONIMO 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


JOGJAFAMILY 100,2 FM

JOGJAFAMILY 100,2 FM

JogjaFamily 100,9 FM


RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


GCD 98,6 FM

GCD 98,6 FM

Radio GCD 98,6 FM


MBS 92,7 FM

MBS 92,7 FM

MBS 92,7 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini