Wisata Alam

Embung Tambakboyo Yogyakarta

Jalan Tambakboyo, Condongcatur, Sleman, Yogyakarta

Embung Tambakboyo Yogyakarta

Ulasan

 

Tentang Embung Tambakboyo Yogyakarta 

Embung Tambakboyo merupakan salah satu waduk yang berada di wilayah Sleman, Yogyakarta. Sebenarnya waduk ini terletak diantara tiga Desa yaitu Condongcatur, Maguwo dan Wedomartani. Perencanaan  pembangunan dari embung ini telah berjalan sejak tahun 2003 selama 5 tahun sampai tahun 2008 dan saat ini telah selesai pengerjaannya. Waduk yang luasnya 7,8 hektar dan volume tampungan sekitar 400.000 m3 ini memiliki wilayah yang cukup luas. Fungsi utama dari waduk ini adalah cadangan dan resapan air tanah untuk warga Bantul, Sleman, Yogyakarta, sebagai sarana pengairan, dan cadangan air untuk PDAM dimasa mendatang. Namun dalam pengembangan waduk ini sering digunakan sebagai sarana rekreasi seperti memancing, berolahraga, bahkan piknik.
 
Tempat berolah raga yang biasa digunakan adalah jalan berkonblok yang memiliki jarak yang cukup jauh. Hal yang menarik adalah pemandangan sekitar yang cukup indah. Selain itu terdapat juga penginapan disekitar Embung yang dapat digunakan untuk menginap apabila anda berasal dari luar kota.

Wilayah sekitar waduk ini telah didesain khusus dengan rapi sehingga memiliki pemandangan yang indah. Jika anda ingin berkunjung, waduk ini memiliki lokasi yang cukup mudah untuk dilalui. Letak pastinya adalah sekitar 1 km kearah utara dari Ringroad utara depan kampus Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta. Transportasi juga mudah jika anda menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Cara Menuju Embung Tambakboyo

  • Dari perempatan Universitas Pembangunan Negara (UPN) Condong Catur ke arah utara. Jika Anda dari jalan seturan arahnya lurus. Namun, jika Anda dari arah barat, belok kiri di perempatan ring road UPN. Lalu terus saja sampai melewati perempatan pertama.
  • Dari perempatan tersebut masih lurus saja sampai masuk komplek perumahan dan jalanan berubah dari aspal ke konblok. Lurus saja sampai menemukan penunjuk arah embung Tambakboyo. Posisinya di sebalah kanan, di gang kedua. Jaraknya sekitar 200 meter dari perempatan tadi.
  • Setelah menemukan penunjuk arah, belok ke kanan. Jalanannya agak turun. Di sebelah kiri ada homestay. Posisi embung di bawah homestay, di depannya terdapat portal.

Biaya parkir

  • Sepeda motor Rp 2000

Gallery

Tempat menarik sekitarnya

Rumah Djawa Hotel  Yogyakarta
Hotel Melati

Rumah Djawa Hotel Yogyakarta

Segala detail dan informasi yang Anda perlukan, bisa langsung ditanyakan pada kontak yang tertera. Gudeg.net memberikan informasi terbaru bagi Anda [...]

jogjastreamers

SWARAGAMA 101.7 FM

SWARAGAMA 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


GERONIMO 106,1 FM

GERONIMO 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


JOGJAFAMILY 100,2 FM

JOGJAFAMILY 100,2 FM

JogjaFamily 100,9 FM


RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


GCD 98,6 FM

GCD 98,6 FM

Radio GCD 98,6 FM


MBS 92,7 FM

MBS 92,7 FM

MBS 92,7 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini