Rumah Sakit

Rumah Pemulihan Gizi Kota Yogyakarta

Jl. Mayjen Sutoyo No. 22 Yogyakarta

Rumah Pemulihan Gizi Kota Yogyakarta

Ulasan

Rumah Pemulihan Gizi Kota Yogya: Model Alternatif Kepedulian Terhadap Warga Bermasalah

Rumah Pemulihan Gizi adalah sebuah Therapeutic Feeding Centre (TFC), yaitu sebuah lembaga di bawah asuhan PKK Kota Yogyakarta yang memiliki kepedulian terhadap upaya penurunan jumlah kasus balita gizi buruk di Kota Yogyakarta. Umumnya, panti pemulihan pemulihan gizi atau therapeutic feeding centre yang disingkat TFC itu adalah sebuah tempat untuk merawat balita kasus gizi buruk dengan pengawasan petugas gizi dan medis selama 24 jam sehari sampai fase siap pulang.
Di Kota Yogya, pengelolaan manajemen di bawah PKK dengan penganggaran langsung dari APBD Kota Yogya. Puskesmas hanya berfungsi selaku Pembina Teknis. RPG tidak berada di bawah manajemen pelayanan Puskesmas.
Kedua, bangunan ruang perawatan kasus merupakan renovasi dari sebagian bangunan puskesmas.

Pertama, di Jombang, TFC dikelola oleh Puskesmas dengan bimbingan Dinas Kesehatan Kabupaten. Penganggaran pun disalurkan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang dan sebagian swadaya berupa donasi dari pihak swasta maupun masyarakat secara langsung. Demikian juga ketenagaan TFC sepenuhnya adalah tenaga aktif Puskesmas setempat.

Di Yogya, Gedung RPG merupakan bangunan yang berada dalam lingkungan Kantor PKK Kota Yogyakarta, tanpa bantuan dukungan anggaran Dinas Kesehatan. Demikian juga tenaga pengelola RPG bukan tenaga Puskesmas.
RPG Kota Yogya tidak merawat inap kasus. Mereka hanya tinggal di RPG dari pagi sampai sore, setelah itu mereka kembali ke rumah masing-masing.

Tempat Pusat Pemulihan Gizi Buruk tersebut ditata dengan serius, agar penghuninya nyaman dan relaks sehingga proses penyembuhan akan berjalan optimal. Bahkan di RPG Yogya dilengkapi dengan Ruang Perpustakaan berikut Ruang Bacanya. Hasil yang dicapai Informasi yang didapat melalui petugas RPG, dari sejumlah 34 anak yang dirawat, pada awal perawatan terdiri dari 8 anak kurus dan 26 sangat kurus. Setelah dirawat komposisi status ini berubah. Dari 34 anak bermasalah tersebut, terdapat 15 anak yang berubah status menjadi Normal, sedangkan yang berstatus sangat kurus dari 26 anak menjadi 11 anak. Semua penyelenggara TFC maupun RPG melakukan tugas dan tanggungjawabnya dengan penuh dedikasi tanpa pamrih dan berbahagia apabila anak asuh mereka pulang dengan kondisi baik.

Tempat menarik sekitarnya

Almond Bakery,Cake & Ice Cream
Toko Kue dan Toko Roti

Almond Bakery,Cake & Ice Cream

Segala detail dan informasi yang Anda perlukan, bisa langsung ditanyakan pada kontak yang tertera. Gudeg.net memberikan informasi terbaru bagi Anda yang akan mengunjungi kota istimewa Yogyakarta. [...]

jogjastreamers

SWARAGAMA 101.7 FM

SWARAGAMA 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


GERONIMO 106,1 FM

GERONIMO 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


JOGJAFAMILY 100,2 FM

JOGJAFAMILY 100,2 FM

JogjaFamily 100,9 FM


UNIMMA FM 87,60

UNIMMA FM 87,60

Radio Unimma 87,60 FM


SOLORADIO 92,9 FM

SOLORADIO 92,9 FM

Soloradio 92,9 FM SOLO


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini