Museum

Museum Sandi Yogyakarta

Gedung Museum Perjuangan Brontokusuman (Lantai I) Jl. Kolonel Sugiyono, No. 24 Yogyakarta

Museum Sandi Yogyakarta

Ulasan

SEJARAH SINGKAT MUSEUM SANDI

Pembangunan Museum Sandi diresmikan pada tahun 2008. Museum Sandi merupakan museum khusus yang menampilkan berbagai jenis koleksi persandian bersejarah, yang berlokasi di dalam bangunan Museum Perjuangan Yogyakarta. Secara fisik, bangunan Museum Perjuangan berbentuk bulat, dengan garis tengah 30 m dan tinggi bangunan 17 m yang terdiri dari dua lantai. Koleksi Museum Sandi menempati areal lantai dasar bangunan, sedangkan lantai teratas bangunan untuk koleksi Museum Perjuangan Yogyakarta. Pada tampak luar, terdapat Sengkalan pada bangunan Museum Perjuangan yang berbunyi “Anggatra Pirantining Kusuma Negara”.


TUJUAN MUSEUM SANDI

1. Menampilkan dan memelihara koleksi benda-benda sandi yang bernilai sejarah dan yang dapat menambah pengetahuan dan wawasan pengunjung mengenai persandian.

2. Sebagai wahana dan media pembelajaran bagi masyarakat khususnya generasi muda mengenai peranan persandian dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan dalam rangka menumbuhkembangkan nilai-nilai kejuangan dan patriotik.

3. Sebagai sarana sosialisasi persandian kepada masyarakat luas.

4. Sebagai media pembelajaran mengenai ilmu persandian.

 

KOLEKSI MUSEUM SANDI

Koleksi Museum Sandi menampilkan alur cerita persandian yang terbagi menjadi 4 (empat) segmen yaitu:

1. Sejarah kegiatan persandian, dalam lingkup sejarah Indonesia dan dunia, termasuk pada masa merebut dan mempertahankan Kemerdekaan RI.

2. Sejarah perkembangan ilmu persandian, dibagi menjadi 2 (dua) yaitu sistem kriptografi klasik, seperti Caesar Cipher, Alberti Disc, Cardan Grille, Vigenere dan lainnya dan sistem kriptografi modern, seperti algoritma DES, Pertukaran Kunci Diffie Hillman, RSA dan Rijndael (AES).

3. Sejarah peralatan sandi, meliputi peralatan-peralatan sandi karya mandiri (Indonesia) dan luar negeri yang pernah digunakan dalam sejarah kegiatan persandian.

4. Permainan kripto (cryptogame), yang akan menampilkan permainan menarik seputar sandi menyandi melalui teknologi audio visual.


Jam Buka :

Senin s/d Jum’at pukul 09.00 - 15.00

Hari Sabtu dan Minggu libur

Museum ini mewakili dunia perdansian di Indonesia. Anda dapat menemukan beragam koleksi mesin dan peralatan sandi buatan anak negeri hingga mancanegara. Dengan penataan bergaya modern art, museum ini dilengkapi display dengan berbagai foto, lukisan, peta, serta buku-buku sandi. Anda penasaran untuk memecahkan sistem sandi? Anda dapat mengikuti permainan interaktif tentang kode sandi melalui layar touchscreen yang sangat digemari oleh kaum muda.
LOKASI : Berada di Jl. Kol. Sugiono No. 24 Yogyakarta Telp. (0274) 412656 Web : www.museum-sandi.org
Facebook : Museum Sandi Yogyakarta
JAM BUKA :Senin-kamis : 8-14 WIB. Jumat : 8-11 WIB. Sabtu, Minggu & Hari Libur Nasional TUTUP
 

Swaragama 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


RetjoBuntung 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


JIZ 89,5 FM

JIZ 89,5 FM

Jiz 89,5 FM


Geronimo 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


JogjaFamily 100,9 FM

JogjaFamily 100,9 FM

JogjaFamily 100,9 FM


Radio GCD  98,6 FM

Radio GCD 98,6 FM

Radio GCD 98,6 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini