Candi

Candi Barong Yogyakarta

Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Indonesia

Candi Barong Yogyakarta

Ulasan

Tentang Candi Barong Yogyakarta

Candi Barong terletak di perbukitan Batur Agung, tepatnya berada di Dusun Candi Sari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Dinamakan Candi Barong oleh penduduk setempat karena adanya hiasan kala pada setiap sisi tubuh candi. Hiasan tersebut menyerupai singa/ barong.

Candi Barong diperkirakan dibangun sekitar abad ke-9 sampai ke-10 Masehi. Kemudian ditemukan kembali pada awal abad ke-20 dalam kondisi runtuh oleh seorang Belanda sekitar tahun 1913 pada saat perluasan perkebunan tebu untuk mendukung produksi pabrik gula.

Ketika itu kondisi candi masih berupa reruntuhan dan sulit dikenali bentuk aslinya. Pemugaran Candi Barong dimulai pada tahun 1987. Candi induk Candi Barong selesai dipugar pada tahun 1992 yang kemudian dilanjutkan dengan pemugaran talud dan pagar.

Candi ini bercorak Hindu dan diperkiraan menjadi tempat pemujaan Dewa Wisnu karena ditemukan arca Dewi Sri (dewi kesuburan yang merupakan istri Dewa Wisnu) dan Dewi Laksmi, pengiring Dewa Wisnu. Juga terdapat hiasan kerang bersayap (sankha) yang merupakan salah satu simbol (laksana) Dewa Wisnu, dan bagian puncak bangunan (kemuncak) yang berbentuk permata (ratna).

Bangunan candi ini diperkirakan berfungsi untuk kegiatan pemujaan yang berhubungan dengan permohonan kesuburan. Hal ini mungkin berkaitan dengan kondisi tanah di sekitar candi yang kurang subur, sehingga dengan memuja Dewi Sri diharapkan keadaan tanah akan menjadi subur.

Halaman komplek candi ini berupa tiga buah teras yang semakin tinggi ke arah timur yang merupakan bagian belakang. Pada teras tertinggi terdapat sebuah selasar dan dua buah candi yang tidak memiliki jendela dan pintu. Candi pertama berukuran 8,20 m x 8,20 m dengan tinggi 9,25 m, sedang candi kedua berukuran 8,25 m x 8,25 m dengan tinggi 9,25 m.

Pada masing-masing sisi bangunan candi terdapat relung dengan hiasan kala dan makara. Teras tertinggi ini merupakan halaman yang paling suci. Perbedaan antara keduanya terletak pada ragam hias dan arcanya. Berdasarkan kedua hal tersebut, candi pertama diduga dibangun untuk pemujaan dewa Wisnu, sedangkan candi kedua untuk Dewi Sri.

Di halaman teras kedua terdapat struktur bangunan berukuran 12,30 m x 7,80 m dan beberapa umpak batu berbentuk segi delapan. Diduga struktur tersebut merupakan pondasi bangunan pendapa dengan atap dari kayu. Sedangkan pada halaman teras pertama tidak ditemukan struktur bangunan.

Secara keseluruhan kompleks Candi Barong diduga dibangun dalam dua tahap. Hal ini dapat dilihat dari beberapa indikasi yang ditemukan saat dilakukan pemugaran, antara lain adanya temuan talud pembangunan tahap pertama yang sampai saat ini dapat dilihat di sebelah selatan bangunan candi kedua.

Pada tahap pertama, pada kompleks ini hanya dibangun satu candi yaitu candi pertama. Pada tahap kedua dilakukan perluasan halaman ketiga ke sisi selatan dan pembangunan candi kedua di selatan candi pertama.

Harga Tiket Masuk

  • Tidak ada

Deskripsi Lingkungan

  • Dikelilingi bukit
  • Akses menuju lokasi melewati jalan menanjak
  • Terdapat sejumlah rumah penduduk di sekitarnya

Cara Menuju Lokasi

  • Dari Yogyakarta, anda harus mengikuti Jl. Solo sampai tiba di Prambanan
  • Tepat di kanan tugu perbatasan Yogyakarta-Jawa Tengah (arah selatan) ada sebuah jalan
  • Jalan tersebut akan membawa anda menyebrangi rel kereta, melewati SMPN 2 Pereng, dan yang utama adalah menanjak bukit
  • Di bukit tersebut ada beberapa papan petunjuk yang memberi arah ke Candi Barong
  • Ikutilah arah yang ditunjukkan papan penunjuk tersebut

Fasilitas Umum (kamar mandi / warung makan / mushola / tempat parkir)

  • Tersedia area parkir (tanpa karcis)
  • Ada warung di luar komplek candi (di rumah penduduk)
  • Tidak ada toilet dan mushola (dapat memanfaatkan rumah di sekitar)

 

Gallery

Tempat menarik sekitarnya

Candi Kedulan Yogyakarta
Candi

Candi Kedulan Yogyakarta

Sejarah Candi Kedulan Yogyakarta Candi Kedulan ditemukan pada tahun 1993 dalam kondisi runtuh dan tertimbun pasir. Penemuanya pun terjadi secara [...]

Candi Sambisari Yogyakarta
Candi

Candi Sambisari Yogyakarta

Tentang Candi Sambisari Yogyakarta Candi Sambisari terletak di desa Sambisari, Purwomartani, Kalasan. Candi ini ditemukan kembali secara tidak seng [...]

Mita Pet Shop
Kebutuhan Hewan Peliharaan

Mita Pet Shop

[...]

jogjastreamers

SWARAGAMA 101.7 FM

SWARAGAMA 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


GERONIMO 106,1 FM

GERONIMO 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


JOGJAFAMILY 100,2 FM

JOGJAFAMILY 100,2 FM

JogjaFamily 100,9 FM


MBS 92,7 FM

MBS 92,7 FM

MBS 92,7 FM


JIZ 89,5 FM

JIZ 89,5 FM

Jiz 89,5 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini