Layanan Umum

Rumah Domes Yogyakarta

Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo Prambanan, Sleman, Yogyakarta, Indonesia.

Rumah Domes Yogyakarta

Ulasan

Ulasan Singkat Rumah Domes Yogyakarta

Rumah domes terletak di dusun Nglepen, Desa Sumberharjo Prambanan, Sleman Yogyakarta. Rumah Domes tersebut merupakan bantuan dari NGO ketika Yogyakarta ditimpa musibah gempa bumi. Di permukiman Nglepen ini terdapat 80 bangunan dengan desain rumah dome yang dilengkapi fasilitas musholla, rumah kesehatan, dan balai pertemuan yang juga sering dimanfaatkan untuk acara hajatan. Permukiman domes ini saat ini dikenal dengan nama New Nglepen.

Selain bentuknya yang unik karena diadaptasi dari model rumah Igloo yang menjadi rumah suku Eskimo, keunggulan dari rumah model dome ini adalah tahan terhadap gempa karena tidak adanya sambunganyang merupakan titik lemah dari bangunan ketika diguncang gempa. Selain dapat menahan gempa, rumah ini juga mampu menahan terpaan angin hingga berkecepatan 450km/jam meskipun kelebihan tersebut jarang dimanfaatkan oleh Indonesia yang beriklim tropis.

Rumah domes terdiri dari dua lantai dengan luas bangunan sekitar 38 meter persegi. Ruang bawah biasanya digunakan untuk ruang tamu, ruang makan, kamartidur sebanyak 2 ruang dan dapur. Sedangkan lantai atas digunakan untuk ruang keluarga. Rumah ini memiliki desain dua pintu yaitu bagian depan dan belakang, dua pintu kamar, serta empat buah jendela yang terletak di bagian depan dua buah dan kamar tidur dua buah. Selain itu pada bagian puncak domes terdapat ventilasi yang berfungsi untuk mengalirkan udara ke dalam rumah.

Setiap rumah domes dilengkapi dengan sarana saluran air di dapur. Namun kekurangan dari rumah tipe ini adalah karena kamar mandi terletak di luar rumah. Kamar mandi terletak pada lokasi yang berbeda yang terdiri dari 8 kamar mandi untuk digunakan secara bersamaan. Lokasinya berada di tengah-tengah blok dan berfungsi melayani 12 unit rumah disekitarnya.

Rumah domes Nglepen saat ini menjadi objek kunjungan wisatawan setelah mengunjungi Candi Prambanan. Hal tersebut dikarenakan bentuk arsitektur rumah domes yang unik dan merupakan satu-satunya di Indonesia. Lokasi ini dapat menjadi alternatif untuk wisatawan untuk mempelajari arsitektur bangunan yang unik dan berbeda.

Akses menuju lokasi rumah Domes ini sangat mudah dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat karena selain berada di tengah kota Yogyakarta, jalan menuju lokasi ini sudah sangat terjamin dan dikelola dengan baik.

Jam buka :

  • Buka Setiap hari pukul : 08.00 - 17.00 WIB

Tiket Masuk Rumah Domes Yogyakarta

  • Tiket masuk per orang : Rp. 5.000,-
  • Tiket naik kereta odong-odong : Rp.5.000,-
  • Tiket sewa ATV : Rp. 50.000/ 15 menit 

Fasilitas Umum Rumah Domes Yogyakarta

  • Pemandangan dengan latar belakang rumah Domes
  • Fasilitas arena permainan untuk anak-anak
  • Mushola
  • Balai Kesehatan
  • Bisa keliling area rumah domes dengan menggunakan sepeda odong-odong atau ATV
  • Parkir

Rute Menuju Lokasi :

  • Rute pertama melalui Jalan Solo, Menyusuri jalan Solo ke arah Candi Prambanan, tiba di pertigaan Prambanan ambil jalan ke kanan (selatan) menuju arah Piyungan, nanti ada penunjuk arah menuju ke  Rumah Domes Yogyakarta, ikuti saja petunjuk arah tsb.
  • Rute kedua melewati Jalan Wonosari, melewati Jalan Wonosari yang menghubungkan antara kota Yogyakarta dengan kota Wonosari Gunungkidul. Saat tiba di pertigaan sebelum tanjakan Piyungan-Patuk belok ke kiri menuju ke Prambanan. Beberapa kilometer berselang, ikuti papan petunjuk arah menuju Desa Wisata Rumah Domes ke arah kanan higga tiba di lokasi. Jarak dan waktu tempuh antara keduanya tidak jauh berbeda dan akses jalan yang dilalui sudah cukup lebar dan baik.

Gallery

jogjastreamers

SWARAGAMA 101.7 FM

SWARAGAMA 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


GERONIMO 106,1 FM

GERONIMO 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


MBS 92,7 FM

MBS 92,7 FM

MBS 92,7 FM


ARGOSOSRO FM 93,2

ARGOSOSRO FM 93,2

Argososro 93,2 FM


IRADIO 88.7 FM YOGYAKARTA

IRADIO 88.7 FM YOGYAKARTA

100% Musik Indonesia, Cinta Musik Indonesia.


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini