Desa Wisata

Desa Wisata Mojo Yogyakarta

Dusun Mojo, Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung kidul, Yogyakarta, Indonesia.

Desa Wisata Mojo Yogyakarta

Ulasan

Desa wisata Mojo terletak di Dusun Mojo, Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.  Desa wisata ini terkenal dengan karya-karya kreasinya dengan menggunakan batu kapur yang dapat dirubah menjadi barang yang memiliki nilai seni.  Sebagaimana yang telah diketahui oleh masyarakat, Gunungkidul terkenal dengan sumber daya alam berupa batu putih atau dikenal dengan istilah batu kapur (karst). Kekayaan alam tersebut kemudian dimanfaatkan oleh penduduk desa Mojo untuk bahan dasar pembuatan kerajinan. Dari tangan sebagian penduduk Desa Mojo inilah batu kapus tersebut kemudian diolah menjadi barang-barang kerjainan yang memiliki nilai seni.

Benda-benda seni yang karya penduduk Desa Mojo dimanfaatkan sebagai hiasan-hiasan untuk memperindah ruangan. Barang-barang kerajinan yang dihasilkan diantaranya seperti relief, ornament, patung , pot lampion, sampai hiasan kamar. Hasil karya ini tidak hanya diminati oleh wisatawan di dalam negeri, melainkan hingga luar negeri. Hal tersebut terbukti dengan diekspornya hasil karya ke negara-negara seperti jepang, Korea Selatan, Australia, Amerika hingga Eropa.

Selain karena karya-karya dari batu kapur tersebut, Desa Mojo juga terkenal dengan keindahan alam yang dimiliki desa tersebut. Selain keindahan alam, terdapat budaya yang masih dijaga oleh masyarakat sekitar Desa Mojo yaitu adat istiadat bernama Wedi Utah.

Fasilitas pendukung potensi wisata yang dimiliki Desa Mojo ini juga relative lengkap. Desa Mojo menyediakan sebuah penginapan dengan kapasitas 15 kamar. Home stay berjumlah 6 buah dengan kapasitas maksimal 40 orang dengan harga yang terjangkau. Tempat pertemuan juga tersedia apabila wisatawan ingin mengadakan pertemuan. Terdapat juga pusat jajanan yang menyediakan oleh-oleh bagi para wisatawan serta lokasi tersebut didukung dengan area parker yang luas demgam kapasitas 30 mobil, 250 kendaraan bermotor serta 2 bus.

Akses menuju lokasi sangatlah mudah karena dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat. Apabila wisatawan ingin menggunakan angkutan umum, lokasi ini juga dilalui jalur angkutan umum sehingga mudah untuk menuju ke lokasi Desa Wisata Mojo.

 

 

jogjastreamers

SWARAGAMA 101.7 FM

SWARAGAMA 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


JOGJAFAMILY 100,2 FM

JOGJAFAMILY 100,2 FM

JogjaFamily 100,9 FM


SOLORADIO 92,9 FM

SOLORADIO 92,9 FM

Soloradio 92,9 FM SOLO


UNIMMA FM 87,60

UNIMMA FM 87,60

Radio Unimma 87,60 FM


RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


GERONIMO 106,1 FM

GERONIMO 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini