Sejarah

Kipo

Kotagede, Yogyakarta

Kipo

Ulasan

Satu lagi kekayaan kuliner yang menjadi ciri khas Yogyakarta, adalah Kipo makanan khas yang berasal dari Kotagede yang merupakan sebuah wilayah di Kota Yogyakarta. Kipo sudah cukup dikenal sebagai manakan khas dengan rasa yang khas pula sebagai kudapan yang selalu menmanjakan lidah. Makanan ini biasa berbentuk lonjong berwarna hijau dan legit serta manis. Menurut tuturan orang-orang tua pembuat kipo di Kotagede disebutkan bahwa pada masa lalu orang sering menanyakan tentang jenis makanan ini dengan bertanya dalam bahasa Jawa,“Iki apa?” (Ini apa). Dari kalimat iki apa inilah kemudian berkembang menjadi akronim kipa. Jadi, mestinya nama kipo itu dituliskan kipa bukan kipo.

Proses pembuatan kipo ini terhitung sangat sederhana. Terlebih dulu disiapkan adonan tepung beras ketan yang diberi warna hijau yang berasal dari daun pandan. Untuk isinya parutan kelapa dicampur adonan gula jawa. Setelah itu adonan tepung ketan dilipat dan diletakkan diatas wajan dari tanah liat yang dipanaskan dengan arang atau kompor. Untuk menghasilkan kipo yang bagus dan matang, kipo harus dibolak-balik sampai matang. Aroma kipo yang berasal dari perasan daun suji, kelapa, gula, dan daun pisang itu benar-benar terasa khas harumnya.

Kudapan kecil  yang berwarna hijau ini merupakan salah satu kue basah tradisional yang memasaknya dengan cara dipanggang. Paduan kelapa parut dengan gula merah, dan dilapisi oleh kulit yang diolah dari tepung ketan, kipo memiliki rasa yang lezat. Ukurannya yang kecil justru membuat kita semakin ketagihan. Satu potong kipo besarnya tidak lebih besar dari jempol tangan orang dewasa. Kipo dibuat dari adonan tepung ketan sebagai kulit luarnya. Di dalam kulit tersebut terdapat isi yang dinamakan enten-enten yang terbuat dari parutan kelapa muda yang dicampur dengan gula jawa. Perpaduan enten-enten dengan kulit kipo yang terbuat dari ketan yang diadoni dengan santan dan sedikit garam ini setelah dipanggang akan menghasilkan rasa yang manis-manis gurih.

Bagi anda yang pernah berkunjung ke Kotagede pasti akan sangat menyesal jika belum mencicipi makanan khas ini. Makanan ini direkomendasikan bagi wisatawan yang ingin menikmati kudapan khas di Kotagede. Jika Anda ingin menjadikan Kipo sebagai oleh-oleh, jangan lupa bahwa Kipo tidak dapat bertahan lama sehingga harus cepat-cepat dinikmati.

jogjastreamers

Swaragama 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


Geronimo 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM



GCD 98,6 FM

GCD 98,6 FM

Radio GCD 98,6 FM


RetjoBuntung 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


Unisi 104,5 FM

Unisi 104,5 FM

Unisi 104,5 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini