Wisata Sejarah & Budaya

Pabrik Gula Madukismo Yogyakarta

Kelurahan Tirtonimolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Indonesia.

Pabrik Gula Madukismo Yogyakarta

Ulasan

Tentang Pabrik Gula Madukismo Yogyakarta

Pabrik Gula  Madukismo adalah satu-satunya  pabrik Gula  dan  Alkohol/Spirtus  di Propinsi  DIY.  Pabrik ini mengemban  tugas untuk  mensukseskan  program pengadaan  pangan  Nasional, khususnya gula pasir. Pabrik  gula dan  Alkohol/Spirtus  Madukismo terletak  di  Kalurahan Tirtonimolo,  Kecamatan Kasihan,  Kabupaten  Bantul, Propinsi  Daerah Istimewa  Yogyakarta. Perusahaan  ini  merupakan bentuk  dari  Perseroan Terbatas (PT), yang berdiri pada tanggal 14 Juni 1955, dan diberi nama PT. Madu Baru. Yang kemudian dibagi menjadi dua pabrik yaitu Pabrik Gula (PG Madukismo) dan Pabrik Alkohol/Spiritus (PS Madukismo).

Apabila Anda berkunjung di Pabrik Gula Madukismo, Anda akan disambut dengan nuansa era industri. Sebuah bangunan besar berusia tua dengan halaman luas, mesin-mesin kuno serta rel-rel kereta yang menjadi jalan kereta pengangkut tebu akan menyapa dan menguatkan kesan itu. 

Pengunjung  bisa merasakan nuansa perjalanan dengan kereta seperti kembali pada masa lampau ketika berada di dalam gerbong yang  ditarik  oleh lokomotif  tua  bermesin diesel  buatan  Jerman. Kereta tersebut akan  mengantar menuju  areal pabrik melewati rel-rel tua dan perkebunan yang ada di dekat pabrik.

Setelah  turun dari  kereta,  Anda dapat langsung  menuju lokasi  Pabrik  Gula Madukismo. Pada bulan bulan tertentu, Pengunjung dapat langsung melihat produksi  gula melewati  tahap pemerahan nira untuk mendapatkan sari  gula, pemurnian nira dengan sulfitasi, penguapan nira, kristalisasi, puteran gula, dan pengemasan.  Sambil mencermati  proses  produksinya, Pengunjung  juga  bisa melihat mesin-mesin tua yang menjadi alat produksi di pabrik ini.

Keluar dari lokasi produksi gula dapat ditemui Pabrik Spiritus Madukismo  yang terletak  di  sebelah barat  pabrik  gula. Di  pabrik  yang berdiri di  pada  tahun yang  sama  dengan pabrik  gula  ini,  pengunjung  juga bisa melihat seluruh proses produksi spiritus yang meliputi tahap pengenceran bahan  baku,  peragian atau  fermentasi  dan penyulingan.  Spiritus  dan produk alkohol  lainnya  yang dihasilkan  oleh  pabrik ini  diolah  dari tetes tebu, hasil samping produksi gula.

Harga Tiket Masuk Pabrik Gula Madukismo

  • Harga Tiket Agro Wisata saat musim giling sebesar Rp.7.000 per orang (minimal 40 orang)
  • Buka Senin – Kamis: pukul 08.00 – 15.00 WIB

Jam Buka

  • Jumat dan Sabtu
  • Pukul 08.00 – 12.00 WIB
  • Tutup: Hari Minggu

Fasilitas

  • Kereta Lori Wisata

Cara Menuju Lokasi

  • Dari Pojok Beteng Kulon (barat) lurus ke arah selatan menuju ke Jalan Bantul
  • Sampai di perempatan Jl. Bantul - Ring Road Selatan berbeloklah ke arah kanan (barat)
  • Sekitar 1 km dari perempatan tersebut Anda akan menemukan perempatan traffic light yang pertama, berbeloklah ke arah kiri (selatan)
  • Pabrik gula Madukismo ada di bagian selatan setelah perempatan tersebut sekitar 200 meter

 

jogjastreamers

SWARAGAMA 101.7 FM

SWARAGAMA 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


GERONIMO 106,1 FM

GERONIMO 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


JIZ 89,5 FM

JIZ 89,5 FM

Jiz 89,5 FM


I-RADIO 88.7 FM YOGYAKARTA

I-RADIO 88.7 FM YOGYAKARTA

100% Musik Indonesia, Cinta Musik Indonesia.


MBS 92,7 FM

MBS 92,7 FM

MBS 92,7 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini