Wisata Sejarah & Budaya

Selokan Mataram Yogyakarta

Membentang dari Barat ke Timur Bagian Utara Kota Yogyakarta, Indonesia.

Selokan Mataram Yogyakarta

Ulasan

Tentang Selokan Mataram Yogyakarta

Sebagian besar penduduk Yogyakarta pasti telah mengetahui keberadaan selokan Mataram namun belum semua mengerti sejarah dari Selokan Mataram tersebut. Selokan Mataram adalah selokan yang berada di bagian utara Yogyakarta dan memanjang dari barat ke timur menghubungkan Sungai Progo dan Sungai Opak.

Selokan ini merupakan selokan yang memiliki nilai sejarah yang cukup berarti bagi masyarakat Yogyakarta dari dulu sampai sekarang. Tentu saja karena hingga saat ini selokan Mataram masih dijadikan sebagai saluran irigasi atau pengairan ratusan hektar sawah di Yogyakarta.

Kembali pada latar belakang sejarahnya, Selokan Mataram sudah ada sejak jaman penjajahan Jepang. Ketika masa itu Jepang sedang gencar-gencarnya melakukan kerja paksa atau yang dikenal dengan nama Romusha untuk melawan sekutu di Pasifik. Banyak masyarakat Indonesia yang ditarik Jepang untuk melakukan kerja paksa dengan di iming-imingi harta dan kebebasan.

Penduduk pulau Jawa pada umumnya akan dipekerjakan keluar pulau Jawa untuk membantu Jepang memenangkan perang. Namun pada kenyataannya para pekerja yang telah dibawa keluar Jawa untuk Romusha tidak pernah kembali ke tanah kelahirannya lagi.

Menyadari fenomena tersebut, Raja Yogyakarta ketika itu Beliau Sri Sultan Hamengku Buwono IX berusaha menyelamatkan warganya dari jeratan kerja paksa Romusha. Dengan kecerdasan dan kebijaksanaan beliau akhirnya meminta pemerintah Jepang untuk membangun selokan yang akan mengairi areal persawahan di Yogyakarta agar tidak kekeringan sehingga dapat membantu bahan pangan Tentara Jepang ketika perang. Hal tersebut juga berdasarkan legenda bahwa Sunan Kalijaga pernah berujar bahwa Yogyakarta bisa makmur jika Kali Progo dan Kali Opak bersatu. Gagasan tersebut kemudian disetujui oleh Pemerintah Jepang sehingga Yogyakarta tidak perlu mengirimkan penduduknya untuk kerja paksa keluar Jawa melainkan tenaganya digunakan untuk membangun selokan di Kota Yogyakarta.

Dengan Ide tersebut seluruh masyarakat Yogyakarta terbebas dari Romusha sampai masa kependudukan Jepang berakhir. Pada kenyataannya seiring kurun waktu yang telah lama sampai saat ini Selokan Mataram masih menjadi sebuah lokasi dengan nilai sejarah dan nilai fungsi yang masih diakui oleh masyarakat.

Tidak hanya dimanfaatkan sebagai pengairan, selokan mataram kadang juga dimanfaatkan sebagai lokasi olah raga adventure sampai lokasi memancing. Hal tersebut berarti keberadaan selokan mataram benar-benar dapat mententramkan masyarakat baik dulu hingga saat ini.

Tempat menarik sekitarnya

Grand Tjokro Yogyakarta
Hotel Bintang Empat

Grand Tjokro Yogyakarta

Grand Tjokro Yogyakarta merupakan hotel bintang 4 yang terletak di tempat strategis yaitu di daerah Jalan Gejayan. Lokasinya dekat dengan Bandara Adisutjipto. [...]

Unipet Universal Petshop
Kebutuhan Hewan Peliharaan

Unipet Universal Petshop

Jam Buka : Pukul 08.00 -  22.00 WIB [...]

Sego Meduro Cumi Item Cak Jede
Wisata Kuliner

Sego Meduro Cumi Item Cak Jede

Sego Meduro Cumi Item Cak Jede, menambah daftar kuliner malam di Jogja. Mulai buka di awal tahun 2018 menyediakan menu Sego Meduro Cumi Item dengan varian Nasi Tuna, Nasi Jeroan, dan paket komplit. Nasi Super Komplit seharga Rp 37.000, sudah termasuk nasi, cumi hitam, jeroan, udang, tuna pedas, serundeng, bihun, dan sambal. [...]

jogjastreamers

SWARAGAMA 101.7 FM

SWARAGAMA 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


GERONIMO 106,1 FM

GERONIMO 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


JOGJAFAMILY 100,2 FM

JOGJAFAMILY 100,2 FM

JogjaFamily 100,9 FM


MBS 92,7 FM

MBS 92,7 FM

MBS 92,7 FM


GCD 98,6 FM

GCD 98,6 FM

Radio GCD 98,6 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini