Store

Sunday Morning UGM

Sekitaran Lembah UGM, Jalan Notonegoro Yogyakarta

Sunday Morning UGM

Ulasan

Masyarakat Yogyakarta khususnya tentu saja telah mengenal istilah Sunday Morning atau sering disebut dengan Sunmor UGM.  Ya, Sunmor UGM adalah sebuah pasar dadakan yang berada di wilayah Universitas Gadjah Mada tepatnya disekitar lembah UGM yaitu di Jalan Notonegoro yang memisahkan antara kampus UGM dengan wilayah Kampus UNY.

Keberadaan dari pasar ini awalnya karena lokasi disekitar Graha Sabha Pramana (GSP)UGM setiap minggu pagi sering dimanfaatkan masyarakat Yogyakarta untuk melakukan aktivitas olahraga seperti Joggjing, bersepeda, sepakbola, skipping maupun hanya bermain-main dan berjalan-jalan pagi. Fenomena tersebut kemudian dimanfaatkan pleh para pelaku bisnis untuk menjajakan dagangan mereka setiap minggu pagi mulai pukul 05.00 – 12.00 WIB. Hal tersebut juga lah yang membuat pasar ini dikenal dengan nama Sunmor UGM yang berarti Minggu Pagi.

Semula pedagang yang menjajakan dagangannya di Sunmor UGM didominasi oleh pedagang kuliner yang berharap setelah berolahraga orang-orang kemudian langsung membeli makan pagi untuk sarapan. Namun dalam perkembangannya, saat ini tidak hanya kuliner yang ditawarkan tetapi berkembang mulai dari pedagang pakaian, mainan, peralatan kebutuhan sehari-hari sampai pernak pernik dan merchandise.

Pengunjung yang datang di lokasi ini sangat bervariasi. Berbeda dengan pasar tradisional, tidak hanya ibu-ibu yang berbelanja tetapi justru banyak pemuda pemudi yang turut meramaikan Sunmor UGM meskipun mereka tidak sedang berolahraga. Kesempatan seperti ini juga sering dimanfaatkan sebagai rekreasi maupun berpacaran bagi pemuda-pemudi. Bahkan tidak jarang keluarga mengajak anak-anaknya bermain serta rekreasi di Sunmor UGM.

Lokasi Sunmor UGM sangat mudah ditemukan karena berada di tengah kota dan dilingkungan sekitar Kampus UGM yang terkenal. Akses menuju lokasi ini sangat mudah karena dapat dicapai menggunakan kendaraan roda 2, roda 4 maupun kendaraan umum. Permasalahan awalnya lokasi ini yang sering menimbulkan kemacetan telah dapat sedikit teratasi dengan mulai dipusatkannya area berdagang di wilayah khusus yang jauh dari jalan umum. Sunmor UGM dapat menjadi salah satu alternatif liburan Anda ketika hari minggu pagi di Yogyakarta.

 

Tempat menarik sekitarnya

RS Panti Rapih
Situs Seni & Budaya

RS Panti Rapih

[...]

Macho Barber
Potong Rambut Pria

Macho Barber

[...]

PREKSU (Ayam Geprek dan Susu)
Restoran

PREKSU (Ayam Geprek dan Susu)

Ayam geprek adalah salah satu menu favorit warga Jogja terutama mahasiswa. Berbagai warung makan dengan menu ayam geprek tersebar dimana-mana. Salah satu yang ramai adalah Preksu yang merupakan singkatan dari Ayam Geprek dan Susu. [...]

Swaragama 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


Geronimo 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


RetjoBuntung 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


JIZ 89,5 FM

JIZ 89,5 FM

Jiz 89,5 FM


JogjaFamily 100,9 FM

JogjaFamily 100,9 FM

JogjaFamily 100,9 FM


Argososro 93,2 FM

Argososro 93,2 FM

Argososro 93,2 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini