Sejarah

Jembatan Gondolayu

Jalan Jenderal Sudirman Yogyakarta

Jembatan Gondolayu

Ulasan

Jembatan selalu memiliki cerita menarik. Bangunan yang awalnya dirancang untuk menghubungkan dua tempat, memudahkan mobilitas manusia dengan melintasi sungai, jalan atau lembah ini semakin lama memiliki fungsi tambahan, yaitu sebagai ruang publik untuk berkumpul. Salah satunya di Jembatan Gondolayu, Yogyakarta.

Sampai saat ini Jembatan Gondolayu masih berperan menghubungkan warga di sisi timur ke barat, melintasi Sungai Code yang mengalir di bagian bawah. Sebuah dokumen menceritakan mengenai Jembatan Gondolayu yang ditumbuhi banyak pohon dan rindang di tahun 1937. Sayangnya, saat ini kerindangan itu sudah tak tampak lagi. Jembatan yang dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda ini menjadi gersang dan semrawut. Selain karena jumlah bangunan dan pengguna kendaraan yang terus bertambah, jembatan ini digunakan untuk berkumpul dan menghabiskan waktu di sore dan malam hari. Para pengunjung kerap memarkir kendaraan pada sisi jembatan. Lalu, mereka bercengkrama atau berfoto pada kedua sisi jembatan.

Keadaan ini semakin parah ketika terjadi banjir lahar dingin atau meletusnya Gunung Merapi. Para pengendara sepeda motor, mobil atau sepeda langsung berhenti di bahu jalan lalu melihat ke arah Sungai Code atau memotret lelehan lava pijar. Sedangkan, pada bagian yang berbeda warga di pinggiran Kali Code berjuang meninggikan talut agar rumah mereka tak terendam banjir. Tak lama kemudian, para penjual makanan ikut merapat, menawarkan dagangan, lalu, terjadilah kemacetan di kedua sisi yang membuat arus lalu lintas tersendat bahkan berhenti total.

Cerita Jembatan Gondolayu tetap saja menarik. Jembatan ini masih menunjukkan peninggalan dari pemerintah Kolonial Belanda serta memudahkan pengguna jalan. Sayangnya, beberapa orang tetap tidak tahu fungsi jembatan, bahkan tidak mau tahu dan tidak peduli.

 

 

 

 

Tempat menarik sekitarnya

Chick N Roll Jogja
Restoran

Chick N Roll Jogja

Restoran Chick and Roll menawarkan olahan ayam yang berbeda, letak pembedanya ada di spesial saus yang mereka tawarkan.Ada enam rasa saus yang bisa kita temui di sini, yaitu Thai Garlic, Brazilian Honey, Hawaiian Mustard, Madagascar Madness, American Barbeque dan Mandarin Flare. [...]

Ayam Goreng Ninit
Ayam Goreng

Ayam Goreng Ninit

[...]

jogjastreamers

SWARAGAMA 101.7 FM

SWARAGAMA 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


GERONIMO 106,1 FM

GERONIMO 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


JOGJAFAMILY 100,2 FM

JOGJAFAMILY 100,2 FM

JogjaFamily 100,9 FM


MBS 92,7 FM

MBS 92,7 FM

MBS 92,7 FM


JIZ 89,5 FM

JIZ 89,5 FM

Jiz 89,5 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini