Candi

Candi Gampingan Yogyakarta

Dusun Gampingan, Piyungan, Bantul INDONESIA

Candi Gampingan Yogyakarta

Ulasan

Tentang Candi Gampingan Yogyakarta

Kompleks Candi Gampingan terletak di Dusun Gampingan, Piyungan, Bantul. Di kompleks ini terdapat tujuh buah bangunan dari batu putih. Salah satu di antara ketujuh bangunan tersebut mempunyai ukuran 4,64 x 4,65 meter, diperkirakan sebagai bangunan induk. Namun sayangnya, bangunan tersebut tinggal sisa-sisa berupa delapan lapis susunan batu setinggi 1,2 meter dan kondisi enam bangunan yang lain juga tinggal sisa-sisa saja.

Di dalam bangunan induk, ditemukan tiga buah arca Dhyani Buddha Vairocana dan perunggu, arca Jambhala dan arca Candralokesvara dari batu andesit, satu buah fragmen arca dari keramik, delapan buah miniatur benda emas dan satu buah cincin emas, juga fragmen-framen gerabah. Berdasarkan temuan arca diperkirakan Candi Gampingan merupakan candi Buddha yang menempatkan Dewa Jambhala sebagai dewa utama yang dipuja, sedangkan arca Candralokesvara yang ditemukan bersama-sama dengan Jambhala menunjukkan aliran Tantraisme dalam Buddha Mahayana.

Sampai saat ini data tertulis mengenai pembangunan candi ini belum ditemukan, sehingga umur candi ini secara relatif didasarkan pada gaya seni bangun dan seni arcanya yang menunjukkan ciri abad IX Masehi.

jogjastreamers

SWARAGAMA 101.7 FM

SWARAGAMA 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


GCD 98,6 FM

GCD 98,6 FM

Radio GCD 98,6 FM


GERONIMO 106,1 FM

GERONIMO 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


ARDIA FM 104,1 FM

ARDIA FM 104,1 FM

Ardia FM 104,1 FM


RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM



Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini