Ayam Goreng

Ayam Goreng Pak Kromo

Kampung Mundusaren (Kampung Mundu) sekitar 1 Km Sebelah Utara Ambarukmo PlazaJam Buka umum: 06.00-19.00 WIB

Ayam Goreng Pak Kromo

Ulasan

Menu ayam tetap saja populer. Baik yang digoreng, dibacem atau dibakar. Ada yang diberi bumbu manis, asin atau pedas. Semuanya  nikmat dan membuat keinginan mencoba selalu ada. Salah satunya di tempat Pak Kromo.


Lokasinya menyempil, di sebuah gang yang berada di pinggiran Yogyakarta. Pada sisi baratnya terdapat bangunan sekolah dan sepetak sawah. Tulisan warung ayam goreng menempel di spanduk yang warnanya kusam. Sebuah rak yang kacanya berminyak menghiasi bagian depan. Di dalamnya puluhan ayam goreng diletakkan di atas nampan besi.


Saat melangkah masuk ke bagian dalam, ada tumpukan kardus untuk arisan. Meja-mejanya berantakan, tak teratur. Pada sisi kanannya ada poster seukuran papan tulis berisikan artikel tentang warung Pak Kromo di sebuah media.


"Daging atau paha atas," tanya ibu muda kepada tim gudeg.net.  Di dalam rak tadi terdapat rempela ati, paha atas dan dada. Warnanya coklat kehitaman. Ada beberapa bagiannya yang tampak legam.


"Paha atas."


 Lalu, sejurus kemudian paha atas (gending) tersaji di atas meja. Sambalnya terasi dan tomak. Lengkap beserta lalapan timun dan daun kobis. Nasi hangat yang kemebul siap disantap. Lebih nikmat jika menikmatinya menggunakan tangan tanpa sendok dan garpu atau dalam bahasa Jawa-nya disebut muluk.


Sobek ayamnya, tambahkan nasi dan sambal lalu hap...hap...hap. Rasa manis dari ayam bacem langsung terasa di lidah. Ketika digigit, tekstur daging ayamnya agak keras. Bisa jadi karena disajikan dalam keadaan dingin.


Jangan lupa tambahkan sambal tomat dan terasinya.  Aroma khas terasi langsung menyebar. Pedasnya sendiri terasa cukup. Bagi yang suka rasa manis, bisa menambahkan kecap.


Sejak berdiri tahun 1983, ayam bacem khas buatan H. Kromo Sentono dan istri ini sempat mengalami masa jaya. Pernah dalam sehari menghabiskan 150 ekor ayam. Namun, saat ini warung yang berlokasi di kampung Mundusaren, sebelah utara Ambarukmo Plaza ini lebih banyak melayani pesanan nasi ayam dalam kotak. 

Harga:

2 ayam + nasi + teh hangat = Rp 17.000

Gallery

Tempat menarik sekitarnya

Telaga Biru Hotel Yogyakarta
Hotel Melati

Telaga Biru Hotel Yogyakarta

Segala detail dan informasi yang Anda perlukan, bisa langsung ditanyakan pada kontak yang tertera. Gudeg.net memberikan informasi terbaru bagi Anda ya [...]

Gudeg GO Jogja
Gudeg

Gudeg GO Jogja

Lokasi yang strategis dan dekat bandara Adisutjipto sangat membantu pembeli yang hendak bepergian namun belum sempat sarapan atau beli oleh-oleh. [...]

Grami Setya Mulya
Travel Agent & Rental

Grami Setya Mulya

Segala detail dan informasi yang Anda perlukan, bisa langsung ditanyakan pada kontak yang tertera. Gudeg.net memberikan informasi terbaru bagi And [...]

jogjastreamers

RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


SWARAGAMA 101.7 FM

SWARAGAMA 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM



GERONIMO 106,1 FM

GERONIMO 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


ARGOSOSRO FM 93,2

ARGOSOSRO FM 93,2

Argososro 93,2 FM


CJDW 107 FM

CJDW 107 FM

CJDW 107 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini