Komunitas

Anak Langit Foundation

Jl Socio Justicia Sekre Bersama KMIT UGM

Anak Langit Foundation

Ulasan

Warna Merah Keunguan
Warna merah keunguan melambangkan power, energi, kehangatan dan cinta.
Layang-layang
Layang-layang melambangkan keseimbangan dalam hidup. Ekor layang-layang melambangkan kedekatan. Kemudian saat menerbangkan, maka dibutuhkan tarik ulur yang dimaksud saat mengulur melambangkan harapan setinggi mungkin dan menarik berarti menggapai harapan dengan berusaha. Benang melambangkan ikatan dengan berbagai pihak (gerakan sosial).
Anak Berlari
Melambangkan kedinamisan, dimana kehidupan butuh akselerasi dalam proses mengejar harapan. Berlari melambangkan semangat untuk menggapai kehidupan yang lebih baik.
Secara Umum
Logo melambangkan bahwa pendidikan itu butuh akselerator, diamana peran geraan-gerakan social sangat dibutuhkan untuk mencapai cita-cita bangsa.

Nama AnakLangit Foundation
AnakLangit mengartikan bahwa ABK itu adalah anak yang dititiskan dari langit, mereka adalah malaikat kecil yang memiliki misi tentang kehidupan. Misi untuk mengetuk hati dan menginspirasi semua orang untuk lebih bersyukur, berani bermimpi dan saling menyayangi.

Prolog
Di dunia ini tidak ada seorang pun yang dilahirkan dalam keadaan yang sempurna. Beberapa diantaranya beruntung karena lahir dalam keadaan yang sama dengan kebanyakan orang lainnya. Beberapa diantaranya kurang beruntung karena dilahirkan dalam keadaan yang berbeda dengan kebanyakan orang lainnya. Salah satu diantara mereka yang berbeda itu adalah mereka yang mengalami keterbatasan mental dan fisik. Seseorang yang dilahirkan dalam keterbatasan mental dan fisik tentunya akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda pula pada seseorang yang normal. Hal ini menyebabkan mereka sulit untuk menyesuaikan diri dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya dalam hal pendidikan dimana sering kali ditemukan beberapa kegiatan pendidikan khususnya dalam belajar mengalami kesulitan.

AnakLangit Foundation
AnakLangit Foundation didirikan pada tanggal 12 Maret 2012 bertepatan dengan Hari Down syndrome Sedunia walaupun sebenarnya komunitas ini sebelumnya sudah bergerak di dunia ABK. AnakLangit Foundation adalah suatu wadah bagi siswa /mahasiswa yang ingin mengabdikan dirinya sebagai pengajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Tinggal dan berinteraksi akan memberikan pengalaman kepemimpinan nyata dan pemahaman empatik yang tinggi bagi yang melaluinya. Inilah salah satu rujukan tumbuhnya ide AnakLangit Foundation.
AnakLangit Foundation adalah bagian dari program pengabdian masyarakat dimana ia bergerak tidak hanya vertikal, namun juga menuju sebuah gerakan horisontal yang terbuka, sebuah program yang masuk ke lapisan bawah, dan sebuah gerakan yang membumikan pendidikan. AnakLangit tidak merambah dunia pendidikan untuk anak normal, tapi ia memilih untuk fokus pada pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus.

AnakLangit Foundation Memulai dengan Model Pembelajaran yang menginspirasi
AnakLangit Foundation ingin membuat model pembelajaran yang keluar dari kotak pembelajaran pada umumnya karena harapannya mereka bisa melihat dunia lebih luas, mereka bisa melihat bahwa tanah yang mereka injak itu tidak sesederhana yang mereka tahu, bahwa langit itu tidak hanya biru, bahwa sejauh mata memandang dunia itu lebih luas. Ya, AnakLangit Foundation hadir untuk itu semua, mengajak melihat dunia sedikit lebih ‘normal’.

Terus Fokus dalam masalah Pendidikan dan Pembangunan Generasi Muda yang Tangguh.
Sekolah Luar Biasa (SLB) merupakan salah satu dari sekian banyak masalah pendidikan yang kurang diperhatikan baik oleh pemerintah maupun masyarakat sekitar. Anaklangit Foundation memilih untuk merangkul SLB karena di dalamnya terdapat banyak potensi yang seringkali dianggap remeh oleh masyarakat. Mungkin dari hal yang kecil tersebut kita akan banyak mengerti bahwa sebenarnya, anak-anak luar biasa ini membutuhkan hati. Maka, tidak ada salahnya jika AnakLangit Foundation ingin merangkul mereka karena mereka membutuhkan hati untuk melihat dunia anak-anak normal seperti umumnya, juga karena kita membutuhkan orang luar biasa seperti mereka untuk melihat dunia lebih ‘rendah’ ke bawah. Tanda pahala para volunteer akan membekas di setiap prestasi anak-anak dan di setiap kemajuan sekolah-sekolah yang akan mereka tempati. AnakLangit Foundation yakin bahwa semua itu adalah rajutan erat yang akan menguatkan tenun kebangsaan kita.

Mimpi Gerakan Volunteerism adalah Gerakan Rhizomatism
Kedepan gerakan ini akan semakin mengakar, menelusup bagaikan rhizoma yang semakin hari semakin menunjukan simpul pengabdian. Gerakan yang tidak akan mati dan terus menginspirasi. AnakLangit Foundation akan selalu hadir dimana keadilan dalam pendidikan menjadi harga yang mahal bagi penerus bangsa. Kami menyakini bahwa setiap pendidikan adalah sama, pendidikan untuk mensejahterakan semua dan bahwa pendidikan adalah lilin harapan untuk kemajuan bangsa. Mari bergabung para volunteer!!

MOTO
-Where Border Not Bordering-
“Memang Ada Keterbatasan Namun Perbedaan Bukan Untuk Membatasi”

VISI
Secara berkelanjutan meningkatkan kepedulian sosial Mahasiswa terhadap pendidikan masyarakat dengan suatu tindakan nyata dengan wujud kegiatan sosial dan pengabdian masyarakat sehingga apa yang diamanatkan dalam pembukaan UUD 1945 untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dapat terealisasikan

MISI

  • Mengisi kekurangan guru di sekolah luar biasa
  • Menjadi wahana belajar bagi mahasiswa untuk bersosialisasi dan membuka Paradigma baru tentang kehidupan
  • Menyelenggarakan kegiatan pengabdian dan pengembangan kepada masyarakat untuk meningkatkan keterampilan, kualitas karya, agar menjadi masyarakat yang mandiri, manfaat dan kreatif selepas dari masa pendidikan
  • Menginspirasi seluruh masyarakat untuk saling menyayangi tanpa membeda-bedakan golongan dan ebrani bermimpi dalam hidup.

Lokasi
Sampai sekarang Gerakan Anak Langit Foundation sebagai Upaya Akselerasi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB ABCD Sutawijaya, Tancep, Gunungkidul, Yogyakarta. Namun kedepan kita akan merangkul SLB yang masih membutuhkan bantuan terkait dengan peningkatann Pendidikan ABKd imanapun ia berada.

Program
Secara khusus program kami bertujuan untuk meningkatkan life skill dari Anak Berkebutuhan Khusus. Program yang di laksanakan berupa Agenda Tematik setiap minggunya pada hari Sabtu, Celengan AnakLangit, Agenda Donasi For Children, Aksi Simpatik, Aksi Volunteerism, dll.

“Jika Tuhan sering menyampaikan kasihnya lewat rezeki dan Iman maka sudah seharusnya kitapun membagi kasih. Lewat senyumanmu, lewat nasehatmu, lewat seruanmu tuk berbuat kebajikan, lewat donasi dan lewat gerakan kepedulian. Dan inilah AnakLangit Foundation”

Komunitas ini sekarang di koordinatori oleh Angga Rieskiyanto (@AnggaRiezky)

  • Facebook ( AnakLangit Foundation )
  • Twitter ( @Volunteer_AL )
  • Tumblr ( anaklangitfoundation.tumblr.com )
  • Email ( anaklangit.foundation@gmail.com) 

Contact :

  • Angga Rieskiyanto ( 085725073730 )
  • Gilang Prasetya : Programing ( 08564512931 )
  • Nadia Ayu Pitaloka : Relationship ( 085727565854 )

Tempat menarik sekitarnya

Gama Wisata
Travel Agent & Rental

Gama Wisata

Segala detail dan informasi yang Anda perlukan, bisa langsung ditanyakan pada kontak yang tertera. Gudeg.net memberikan informasi terbaru bagi And [...]

Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
Universitas

Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Sejarah Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada, yang sejak 26 Desember 2000 berstatus Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (PT-BHMN), [...]

jogjastreamers

SWARAGAMA 101.7 FM

SWARAGAMA 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


GERONIMO 106,1 FM

GERONIMO 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


JOGJAFAMILY 100,2 FM

JOGJAFAMILY 100,2 FM

JogjaFamily 100,9 FM


MBS 92,7 FM

MBS 92,7 FM

MBS 92,7 FM


GCD 98,6 FM

GCD 98,6 FM

Radio GCD 98,6 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini