Taman Wisata

Gembira Loka Zoo Yogyakarta

Jalan Kebun Raya No.2 Yogyakarta 55171, Indonesia
Telp: +62-274-373861
Fax: +62-274-384666

Gembira Loka Zoo Yogyakarta

Ulasan

Sejarah Kebun Binatang dan Kebun Raya Gembira Loka    

Ide awal pembangunan Kebun Binatang dan Kebun Raya Gembira Loka berasal dari keinginan Sri Sultan Hamengkubuwono VIII pada tahun 1933 akan sebuah tempat hiburan, yang di kemudian hari dinamakan Kebun Rojo. Ide tersebut direalisasikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX dengan bantuan Ir. Karsten, seorang arsitek berkebangsaan Belanda. Ir. Karsten kemudian memilih lokasi di sebelah barat sungai Winongo, karena dianggap sebagai tempat paling ideal untuk pembangunan Kebun Rojo tersebut. Namun akibat dampak Perang Dunia II dan juga pendudukan oleh Jepang, pembangunan Kebun Rojo terhenti.

Pada saat proses pemindahan ibukota negara dari Yogyakarta kembali ke Jakarta pada tahun 1949 setelah selesainya Perang Dunia II, tercetus lagi sebuah ide untuk memberikan kenang-kenangan kepada masyarakat Yogyakarta berupa sebuah tempat hiburan dari pemerintah pusat yang dipelopori oleh Januismadi dan Hadi, SH. Ide tersebut mendapat sambutan hangat dari masyarakat Yogyakarta, akan tetapi realisasinya belum dirasakan oeh masyarakat. Hingga tahun 1953, dengan berdirinya Yayasan Gembira Loka Yogyakarta (sesuai Akta Notaris RM. Wiranto no. 11 tanggal 10 September 1953) yang diketuai oleh Sri Paduka KGPAA Paku Alam VIII, maka pembangunan Kebun Rojo yang tertunda baru benar-benar dapat direalisasikan.

Selang beberapa tahun kemudian, tepatnya tahun 1959, KGPAA Paku Alam VIII menunjuk Tirtowinoto untuk melanjutkan pembangunan Gembira Loka. Dipilihnya Tirtowinoto karena yang bersangkutan dinilai memiliki kecintaan terhadap alam dan minat yang besar terhadap perkembangan Gembira Loka. Ternyata sumbangsih Tirtowinoto yang tidak sedikit, baik dalam hal pemikiran maupun material, terbukti mampu membawa kemajuan yan pesat bagi Gembira Loka. Puncaknya di tahun 1978, ketika koleksi satwa yang dimiliki semakin lengkap, sehingga pengunjung Gembira Loka mampu mencapai 1,5 juta orang.

Wahana Rekreasi Gemira Loka

Anda tahu kenapa Gembira Loka memiliki jargon “Bukan Sekedar Rekreasi”?

Jawabannya cuma satu, karena kami bisa memberi Anda rekreasi yang cuma satu-satunya di Jogja dan sangat seru, sehingga bisa membuat satu hari belum tentu cukup untuk bermain di GL Zoo. Salah satu jagoan rekreasi di Gembira Loka adalah Wahana Rekreasi yang sangat seru dan sekali lagi, satu-satunya di Jogja.

Di Wahana Rekerasi Gembira Loka Anda dapat menikmati berbagai macam permainan, seperti: Kapal Katamaran, Speed Boat, Skuter Air, Perahu Kayuh, Sepeda Air, Perahu Senggol, Banana Orca, Kolam Tangkap, Terapi Ikan, Sirkuit ATV,dan Perahu Gethek.

Feeding Time GL Zoo

Setiap makhluk hidup pasti makan. Begitu juga satwa-satwa Gembira Loka. Bedanya, cara makan satwa-satwa tersebut tentu saja berbeda dengan manusia. Tanpa sendok, tanpa garpu, dan dengan cara yang unik dan khas serta berbeda-beda antara satu satwa dengan satwa yang lainnya. Apabila Anda ingin melihat satwa-satwa tersebut makan, maka Anda harus datang di waktu yang tepat. Dan Gembira Loka memberi Anda kesempatan khusus untuk melihat feeding time empat satwa yang paling seru, seperti:

1.    Harimau

Special harimau feeding time keseruannya dapat Anda lihat setiap hari Minggu pukul 12.00.

2.    Simpanse

Satwa pintar ini sangat lucu ketika makan, dapat Anda lihat setiap hari pukul 10.30.

3.    Arapaima

Si ikan tawar terbesar di dunia ini sangat dahsyat ketika makan, dapat Anda lihat setiap hari pukul 11.00.

4.    Ular

Ular yang dapat Anda lihat aktivitas makannya adalah jenis python yang besar , dapat Anda saksikan setiap hari pukul 11.30.

Gelar Satwa Terampil Gembira Loka Zoo

Ada hal super penting di Gembira Loka yang kadang sering Anda lewatkan. Setelh berkeliling dan berkenalan dari jauh dengan satwa-satwa, ada satu tempat yang harus Anda kunjungi di Gembira Loka untuk berkenalan lebih dekat lagi dengan satwa-satwa special. Mereka adalah satwa-satwa terampil GL Zoo. Gembira Loka memiliki Gelar Satwa terampil, dimana Anda dapat melihat bermacam-macam keterampilan satwa-satwa special di panggung yang nyaman dan keren. Satwa-satwa yang dapat Anda saksikan antara lain, kakaktua jambul kuning, linsang, burung kangkareng dan julang emas, beruang madu, dan orangutan.

"Bird Park" Taman Burung Gembira Loka Zoo

Objek wisata Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta juga memiliki wahana khusus yaitu Bird Park (Taman Burung). Wahana Bird Park merupakan lokasi paling lengkap diantara semua wahana yang ada di GL Zoo. Terdapat sedikitnya 60-an jenis burung dan lebih dari 340-an ekor satwa aves yang diantaranya seperti elang, pelikan, cendrawasih dan pecuk hitam. Salah satu koleksi paling menarik di Bird Park GL Zoo adalah burung flamingo dan pinguin jackas.

Pinguin jackas merupakan pinguin jenis subtropis yang berasal dari Afrika Selatan. Penguin-penguin yang menghuni GL Zoo tersebut merupakan hibah dari Singapore Zoo.

 

Gallery

Tempat menarik sekitarnya

Pasar Gedongkuning Yogyakarta
Traditional Market

Pasar Gedongkuning Yogyakarta

Pasar Gedongkuning ini merupakan salah satu pasar tradisional yang terletak di kawasan wisata Gembiraloka. Salah satu keunikan dari pasar ini adalah adanya beberapa pedagang yang berpakaian adat jawa (surjan) pada hari kamis pahing. [...]

Grand Java Tour
Travel Agent & Rental

Grand Java Tour

Segala detail dan informasi yang Anda perlukan, bisa langsung ditanyakan pada kontak yang tertera. Gudeg.net memberikan informasi terbaru bagi A [...]

Gurami Pet Shops
Kebutuhan Hewan Peliharaan

Gurami Pet Shops

[...]

jogjastreamers

SWARAGAMA 101.7 FM

SWARAGAMA 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


JIZ 89,5 FM

JIZ 89,5 FM

Jiz 89,5 FM


GERONIMO 106,1 FM

GERONIMO 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


JOGJAFAMILY 100,2 FM

JOGJAFAMILY 100,2 FM

JogjaFamily 100,9 FM


GCD 98,6 FM

GCD 98,6 FM

Radio GCD 98,6 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini