Komunitas

Kelompok Tani Gading Asri

Patehan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta
Telp: +62747800600

Kelompok Tani Gading Asri

Ulasan

Sebanyak 3 Rukun Tetangga (RT) di dusun Patehan Kidul, Patehan Tengah dan Patehan Wetan bahu membahu membuat kampung asri berbasis tanaman sayur sejak 21 April 2013. 40 anggota yang terlibat didalamnya merupakan pengurus sekaligus penggiat komunitas yang berkonsentrasi pada pembibitan terong, cabai, selada, kangkung, brokoli, bayam serta kangkung.

Gagasan menghijaukan kampung dengan sayur mendapat dukungan dari DPRD DIY dan peresmian dilakukan langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X 3 bulan lalu. Kampung sayur timbul oleh karena keresahan masyarakat sekitar akan minimnya perhatian gizi dalam lingkungan keluarga.

Komunitas ini penting karena memiliki manfaat positif bagi warga di 3 RT. Selain dapat memenuhi kebutuhan sayur tanpa harus belanja ke pasar, rumah menjadi lebih indah, sejuk, ayem, sekaligus menjadi sumber pangan lestari. Masyarakat yang berkeinginan membuat kampung sayur juga mendapatkan tanggapan bagus.

Beberapa kali paska diresmikan, sejumlah daerah melakukan kunjungan untuk dapat membuat program serupa. Sebut saja Solo, kelompok-kelompok PKK di kawasan DIY dan beberapa daerah lainnya. MAsyarakat juga dapat membeli bibit di kampung sayr dengan harga yang terjangkau.

Manfaat yang didapat oleh masyarakat sekitar antara lain dapat belajar mengolah pekarangan minim menjadi lokasi yang memiliki nilai ekonomis karena dimanfaatkan untuk pengembangbiakan tanaman.

Gallery

jogjastreamers

SWARAGAMA 101.7 FM

SWARAGAMA 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


JOGJAFAMILY 100,2 FM

JOGJAFAMILY 100,2 FM

JogjaFamily 100,9 FM


RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM



SOLORADIO 92,9 FM

SOLORADIO 92,9 FM

Soloradio 92,9 FM SOLO


GERONIMO 106,1 FM

GERONIMO 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini