Situs Seni & Budaya

Pura Pakualaman

Kecamatan Pakualaman, Yogyakarta

Pura Pakualaman

Ulasan

Pura Pakualaman merupakan salah satu pusaka budaya di kota Yogyakarta. Pura Pakualaman terbentuk dari rangkaian bangunan yang menyatu di dalam satu kompleks yang dikelilingi tembok seluas 5,4 ha. Istana ini diapit oleh jalan umum di sisi utara (Jl. Purwanggan), timur (Jl. Harjono), dan selatan (Jl. Sewandanan). Gerbang istana Paku Alaman terdapat di sisi selatan (gerbang utama) dan sisi utara (sudah ditutup, namun masih ada bekas-bekasnya).

Pura Pakualaman menghadap ke selatan, berbeda dengan Kraton Kesultanan yang menghadap ke utara. Sebagai suatu pusat pemerintahan, Pura Pakualaman juga dilengkapi dengan alun-alun di sebelah selatan, masjid di sebelah barat daya, dan pasar di sebelah tenggara. Selain itu juga terdapat pemukiman untuk penduduk, dalem-dalem, dan bangunan-bangunan fasilitas lainnya, semuanya berada di kawasan yang sekarang menjadi kawasan kecamatan Pakualaman di Kota Madya Yogyakarta.

Puro Paku Alaman masih menjadi tempat kediaman resmi Sri Paku Alam, yang juga Wakil Gubernur Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk memasuki kawasan Pura Pakualaman, kita akan melalui Alun-alun Sewandanan yang ditanami pohon beringin, kemudian melewati gerbang utama yang disebut Regol Danawara. Pada fasad regol ini dapat dibaca prasasti 7 - 8 - 1884 yang menandai masa regol ini dibangun.

Pada bagian dalam cepuri terdapat taman dan bangunan-bangunan inti, di antaranya pendhapa Bangsal Sewatama, Dalem Ageng Prabayusa yang menurut pasren dan kamar pusaka, Bangsal Sewarengga, Maerakaca, Bangsal Parangkarsa, dan Gedong Purwaretna.

Bangunan-bangunan di atas sebagian berfungsi sebagai sarana seremonial dan ada pula yang berfungsi sebagai bangunan penunjang kehidupan sehari-hari Sri Paku Alam dan keluarga intinya. Bagian yang terbuka untuk dimasuki umum hanyalah bagian Museum Pura Pakualaman. Selain itu masih ada pula pelengkap lainnya, seperti kantor, istal, dan kandang menjangan (rusa).

Gallery

Tempat menarik sekitarnya

Museum Biologi Yogyakarta
Museum

Museum Biologi Yogyakarta

Tentang Museum Biologi Yogyakarta Untuk mengenal dunia flora dan fauna secara mendalam, Anda dapat mengunjungi museum ini. Anda dapat menjumpai ber [...]

Mata Air Wedding Photografi
Event Organizer dan Multimedia

Mata Air Wedding Photografi

Segala detail dan informasi yang Anda perlukan, bisa langsung ditanyakan pada kontak yang tertera. Gudeg.net memberikan informasi terbaru bagi Anda ya [...]

Gereja Santo Yusuf Bintaran
Rumah Ibadah

Gereja Santo Yusuf Bintaran

Gereja Santo Yusuf Bintaran merupakan sebuah bangunan bersejarah yang didirikan pada tahun 1934. Gereja ini merupakan hasil karya dari arsitek J.H [...]

jogjastreamers

SWARAGAMA 101.7 FM

SWARAGAMA 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


JOGJAFAMILY 100,2 FM

JOGJAFAMILY 100,2 FM

JogjaFamily 100,9 FM



SOLORADIO 92,9 FM

SOLORADIO 92,9 FM

Soloradio 92,9 FM SOLO


GCD 98,6 FM

GCD 98,6 FM

Radio GCD 98,6 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini