Desa Wisata

Desa Wisata Sentra Industri Batik Tulis Giriloyo

Gazebo Wisata Giriloyo Imogiri, Jl. Imogiri TImur KM 14, Wukirsari, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Telp: 082138250366

Desa Wisata Sentra Industri Batik Tulis Giriloyo

Ulasan

Desa Wisata Sentra Industri Batik Tulis Giriloyo

Nama kampung batik Giriloyo berasal dari nama kelurahan paling lama di Giriloyo dan merupakan sentra pengrajin batik. Kampung batik di Giriloyo sudah sejak ada di awal abad 17 masehi atau di tahun 1700 dan turun temurun hingga sekarang. Sampai sekarang sudah berjalan kurang lebih  4 abad . Pada waktu gempa  di tahun 2006 semua kegiatan ekonomi di desa Giriloyo sempat mati dan hampir kolaps.  Namun setelah gempa banyak LSM yang masuk ke desa Giriloyo . Pada waktu itu antara LSM dan masyarakat berinisiatif mengangkat batik  dan menggali kembali potensi batik sehingga dibuatlah sebuah tempat yang berasal dari kas desa dan dibangun sedemikian rupa berbentuk joglo-joglo yang merupakan tempat untuk paguyupan batik Giriloyo. Tempat tersebut berfungsi sebagai tempat  workshop dan gallery batik Giriloyo . Gazebo ini diresmikan pada tahun 2008 dan dikelola oleh paguyupan batik tulis. Dalam satu desa terdapat 1000 pengrajin batik dan terbagi menjadi 12 kelompok.

Jenis Batik apa saja yang terdapat di Batik Giriloyo?

  • Mayoritas batik yang dihasilkan di desa Giriloyo adalah batik tulis,kalaupun  ada yang batik cap prosentasenya cukup kecil hanya sekitar  5% dan itupun diproduksi berdasarkan  pesanan.
  • Dalam satu bulan kelompok pengrajin batik tulis desa Giriloyo bisa memproduksi hingga 100 buah batik tulis.

Bagaimana proses pemasaran batik tulis Giriloyo?

Cara pemasaran batik tulis Giriloyo ini terbagi menjadi dua yaitu :

  • Penjualan secara konvensional yaitu pembeli datang sendiri ke Gazebo dan melalui  kerjasama dengan penjual-penjual batik  di kota
  • Penjualan secara online dengan menggunakan teknologi internet.Bisa melalui web, instagram dan sosial media yang lainnya.

Mau tahu berapa saja harga batik tulis Giriloyo?

  • Harga batik tulis Giriloyo dibandrol  mulai dari harga  Rp. 500.000,00 hingga harga Rp.2.000.000,- bahkan ada yang lebih.
  • Harga tersebut dipatok tergantung dari proses pembuatan dan motif batik tsb. Semakin sulit motif dan semakin lama proses lama pembuatannya maka harganya pun semakin mahal.

Fasilitas yang terdapat di Gazebo desa wisata batik tulis Giriloyo?

Di dalam komplek gazebo ini terdapat berbagai macam fasilitas dan aktivitas yang bakal kamu temui,antara lain :

  • Joglo workshop membatik, di tempat ini kamu bisa belajar membatik mulai dari pembuatan pola batik hingga membatik menggunakan canting. Untuk workshop dikenakan biaya mulai dari  Rp.25.000,00 hingga Rp.50.000,00
  • Gallery Batik Tulis, di dalam gallery ini tedapat berbagai macam koleksi hasil dari para kelompok pengrajin batik tulis Giriloyo.
  • Joglo untuk Seminar atau workshop
  • Desa paket wisata
  • Wi-Fi
  • Mushola
  • Toilet

Cara menuju desa wisata batik tulis Giriloyo :

  • Dari kota Yogyakarta menuju ke terminal Giwangan,melewati jalan Imogiri Timur lurus ke selatan melewati jembatan Kembang Songo masih ke selatan kurang lebih 500 meter. Ada penunjuk arah menuju makam raja Cirebon belok ke timur,ikuti jalan kemudian ada cabang jalan kalau lurus ke arah desa Pucung sedangkan belok kanan ke arah desa Giriloyo. Ikuti arah ke desa Giriloyo kurang lebih 200 meter kanan jalan ada Joglo besar dan sudah ada papan nama Sentra Industri Batik Tulis Giriloyo.

Gallery

jogjastreamers

Swaragama 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


RetjoBuntung 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


JIZ 89,5 FM

JIZ 89,5 FM

Jiz 89,5 FM


Radio GCD  98,6 FM

Radio GCD 98,6 FM

Radio GCD 98,6 FM


SoloRadio 92,9 FM

SoloRadio 92,9 FM

Soloradio 92,9 FM SOLO


Geronimo 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini