Seniman & Budayawan

Arlan Kamil

Yogyakarta INDONESIA

Arlan Kamil

Ulasan

Arlan Kamil adalah seorang pematung. Ia mulai mengenal dan menggeluti seni patungĀ  sejak masih duduk di bangku Sekolah Menengah Seni di Padang. Pada saat itu karena keahliannya, Arlan bekerja pada sebuah pusat kerajinan patung-patung publik. Kebimbangan pernah menghinggapi Arlan ketika ia harus memutuskan jurusan yang akan diambil di Sekolah Menengah Seni. Atas bimbingan dan dorongan dari gurunya akhirnya ia memutuskan untuk mengambil jurusan seni patung.

Dua aktivitas, sekolah dan bekerja sebagai pematung, membuat Arlan semakin yakin untuk menekuni minatnya di dunia seni patung. Kemudian dia memutuskan untuk melanjutkan studi pada Fakultaas Seni Rupa jurusan seni patung Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Keputusan melanjutkan studi di Yogyakarta sempat ditentang oleh orang tuanya karena alasan situasi politik Indonesia yang tidak menentu. Seiring waktu akhirnya Arlan berhasil meyakinkan orangtuanya. Arlan menyelesaikan kuliah pada jurusan seni patung Institut Seni Indonesia Yogyakarta pada tahun 1992.

Beberapa karya yang dibuat Arlan biasanya berupa karya-karya publik, pembuatan patung-patung di berbagai tempat dan event seperti Pembuatan Patung Tokoh KAA di Gedung Asia Afrika Bandung; Patung Flora dan Fauna untuk Arab Saudi; Relief Bung Hatta di Kali Bata Jakarta.

Pengalaman pameran Arlan diantaranya; Pameran DIES I Institut Seni Indonesia Yogyakarta; Pameran Seni Rupa di Museum Seni Taqim Kudus Jateng; Pameran Patung API 2 In Search of Peace Indonesian Contemporary Sculptors di WTC Jakarta.

jogjastreamers

Swaragama 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


RetjoBuntung 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


JIZ 89,5 FM

JIZ 89,5 FM

Jiz 89,5 FM


Geronimo 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


Radio GCD  98,6 FM

Radio GCD 98,6 FM

Radio GCD 98,6 FM


Argososro 93,2 FM

Argososro 93,2 FM

Argososro 93,2 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini