Seniman & Budayawan

Syaiful Adnan

Yogyakarta INDONESIA

Syaiful Adnan

Ulasan

Syaiful Adnan, merupakan salah satu tokoh pembaharu seni lukis kaligrafi di Indonesia. Melalui proses pencarian yang ia lakukan sejak 1977, akhirnya ia menemukan sesuatu yang baru, di luar kaidah-kaidah baku dalam seni lukis kaligrafi.

Pelukis asal Padang, Sumatra Barat, yang pernah mengalami kejenuhan dalam berkarya ini, mengaku banyak belajar bukan dari tokoh-tokoh perupa, tapi justru dari tokoh-tokoh rohaniawan, seperti Abdul hamid Dimiyati (pakar kaligrafi dari IAIN Yogyakarta), Sirajudin (pakar kaligrafi dari Jakarta).

Dari hasil pembelajarannya itu, akhirnya ia menemukan style yang berbeda dari pelukis-pelukis kaligrafi pada umumnya. Dan hingga sekarang Kaligrafi Arab menjadi tema lukisannya. Dari penemuannya itu lahir aliran baru dengan julukan kaligrafi Arab Syaifuli.

Ratusan karya telah dihasilkan, dan telah banyak dikoleksi, bukan hanya oleh kalangan muslim, tetapi banyak juga dari non muslim, baik, di dalam maupun di luar negeri. Bahkan beberapa lukisannya telah dikoleksi oleh Mantan Mentri Agama Alamsyah Ratu Prawiranegara, dan kolektor terkenal Oinjin (Magelang) Ini menandakan bahwa kaligrafi bukan sekedar tulisan Arab saja, tetapi telah menjadi sebuah lukisan yang utuh.

Puluhan pameran telah dilakukannya, baik, di dalam, maupun di luar negeri. Diantaranya, pameran berlima di Arab Saudi. Dari ketekunannya berkarya, beberapa penghargaan bergengsi pernah diraihnya, diantaranya: Medali Emas dalam Kompetisi Seni Lukis Seluruh Indonesia (1982), Affandi Adikarya sebagai Pelukis terbaik.

jogjastreamers

Swaragama 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


RetjoBuntung 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


JIZ 89,5 FM

JIZ 89,5 FM

Jiz 89,5 FM


Geronimo 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


Radio GCD  98,6 FM

Radio GCD 98,6 FM

Radio GCD 98,6 FM


Argososro 93,2 FM

Argososro 93,2 FM

Argososro 93,2 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini