Tradisional

Warung Jamu Ginggang

Jalan Masjid No 32 Pakualaman

Warung Jamu Ginggang

Ulasan

Menikmati jamu tidak lagi harus menunggu mbak jamu atau berburu di pasar tradional kala pagi atau petang menjelang.  Terletak di daerah Pakualaman, Warung Jamu Ginggang ini mulai buka  Pkl. 08.30-Pkl. 20.30 dan hanya libur saat Idul Fitri saja. Inilah yang menjadi kelebihan Jamu Ginggang.  Orang bisa datang kapan saja untuk menikmati jamu.

Selain itu Warung Jamu Ginggang menawarkan konsep yang berbeda dalam menikmati jamu. Ada meja dan kursi yang disediakan bagi pengunjung yang ingin langsung menikmati kesegaran Jamu Ginggang. Mirip kafe. Bedanya Warung Jamu Ginggang masih menggunakan perabot tempo dulu sehingga kita yang berkunjung kesana serasa berada di rumah nenek.

Sambil menyeruput Beras Kencur, tak perlu buru-buru meninggalkan tempat ini karena pengunjung Jamu Ginggang bisa melepas penat sembari menikmati rindang pepohonan yang ada disekitar warung jamu jawa asli ini. Untuk menikmati segelas Jamu Ginggang cukup merogoh kocek Rp.3000- Rp. 12.000. Jamu Ginggang sendiri terdiri jamu telor seperti sehat pria telor, beras kencur telor dan galian putri telor. Ada juga Jamu biasa alias disajikan tanpa tambahan telor antara lain kencur biasa, uyup-uyup atau temulawak. Bagi yang ingin menikmati kesegaran jamu dalam kondisi dingin, tak perlu kuatir beberapa jamu juga bisa disajikan beserta es.

Namun jika berniat keluar kota, Jamu Ginggang tetap bisa dibawa serta. Soalnya tempat ini juga menyediakan beberapa varian jamu dalam kemasan botol. Tapi usahakan agar segera dimasukkan kedalam lemari pendingin karena jamu dalam botol kemasan ini hanya awet bertahan hingga 3 hari saja. Untuk harga perbotolnya dibanderol Rp.13.000

Warung Jamu Ginggang telah melewati sejarah yang panjang. Bermula dari tahun 1930, usaha ini dipelopori oleh Bilowo, seorang abdi dalem Puro Pakualaman. Bilowo membuat jamu bagi Kanjeng Sinuwun Paku Alam VII. Atas seijin Paku Alam VII, Bilowo lantas mulai menjajakan ramuan tersebut.

Jamu Ginggang sebenarnya berasal dari kata Tan Genggan yang berarti bersatu padu. Nama ini merupakan pemberian dari kerabat Puro Pakualaman saat  meminta bantuan Bilowo untuk meracik jamu. Nama inilah yang kemudian tetap digunakan oleh Bilowo saat menjajakan jamunya dari satu tempat ketempat lain. Tapi kata Tan Genggan ternyata cukup sulit untuk diucapkan serta diingat oleh masyarakat. Mereka pun secara tak sadar menyebut dengan sebutan Ginggang.

Kini Jamu Ginggang di kelola oleh generasi kelima yang masih setia melanjutkan bisnis keluarga ini. Uniknya, meski sudah berganti generasi, ada satu hal yang tidak pernah berubah sejak awal. Ternyata Jamu Ginggang tetap mempertahankan cara pengolahannya. Sejak awal berdiri hingga sekarang, warung ini tidak pernah mengubah resep jamu maupun jenisnya. Tak tergerus oleh modernitas.

Jamu dibuat setiap pagi dan tetap diolah dengan menggunakan cara-cara tradisional. Termasuk di antaranya tidak menggunakan blender. Soalnya penggunaan blender dianggap akan merusaka rasa dari jamu sendiri.
 
Warung Jamu Ginggang
Jalan Masjid No 32 Pakualaman

Teks : Monika Novena
Foto : Albertus Indratno

Gallery

Tempat menarik sekitarnya

Toko Roti Murni
Toko Kue dan Toko Roti

Toko Roti Murni

Toko roti yang satu ini terbilang toko roti yang legenda di Yogyakarta.Terkenal dengan roti nya, sering dipesan untuk acara-acara tertentu. tokonya terbilang tidak terlalu luas namun bersih dan tertata dengan rapi. [...]

Aji Hotel Yogyakarta
Hotel Melati

Aji Hotel Yogyakarta

Segala detail dan informasi yang Anda perlukan, bisa langsung ditanyakan pada kontak yang tertera. Gudeg.net memberikan informasi terbaru bagi Anda ya [...]

Gereja Santo Yusuf Bintaran
Rumah Ibadah

Gereja Santo Yusuf Bintaran

Gereja Santo Yusuf Bintaran merupakan sebuah bangunan bersejarah yang didirikan pada tahun 1934. Gereja ini merupakan hasil karya dari arsitek J.H [...]

jogjastreamers

SWARAGAMA 101.7 FM

SWARAGAMA 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


JOGJAFAMILY 100,2 FM

JOGJAFAMILY 100,2 FM

JogjaFamily 100,9 FM


RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


GERONIMO 106,1 FM

GERONIMO 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


SOLORADIO 92,9 FM

SOLORADIO 92,9 FM

Soloradio 92,9 FM SOLO


MBS 92,7 FM

MBS 92,7 FM

MBS 92,7 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini