Kuliner

Ra Kopiran, Ngopi dengan Pemandangan Kandang Menjangan

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Kamis, 11 Juli 2019 15:45
Ra Kopiran, Ngopi dengan Pemandangan Kandang Menjangan
Ra Kopiran - Gudeg.net/ Wirawan Kuncorojati

Gudeg.net – Ra Kopiran terletak sangat dekat dengan Kandang Menjangan. Dari tempat ngopi di Panggungharjo, Sewon, Bantul ini, bangunan bersejarah tersebut terlihat jelas.

Tempat ngopi ini terbilang masih gres, baru buka sekitar 3 pekan lalu. Ahmad Setyawan, coach barista, mengatakan, Ra Kopiran memadukan kopi dengan aneka 'wedang'.

“Kita memang lebih ke kopi. Konsep awalnya memang ini warung kopi. Karena dekat dari kandang menjangan, maksudnya yang budayanya masih kental, kita ada juga menu wedangan seperti wedang uwuh, secang, kayu putih, alang-alang,” terangnya kepada GudegNet, Rabu (10/7).

Menu non kopi yang lain, tersedia juga aneka teh hingga juice. 

Ra Kopiran mengusung konsep rumah kayu untuk interiornya. Sebelumnya, bangunan ini adalah kantor untuk usaha handcraft dan desain interior. Karena itulah meja kursinya merupakan produksi sendiri.

Selain meja kursi produksi sendiri, ada barang-barang kerajinan yang di display, nampak serasi dengan furniture dan interiornya.  Cahaya penerangan yang berwarna kuning, cocok dengan interiornya yang didominasi kayu.

Sejauh ini, untuk kopinya, menu yang menjadi favorit pengunjung adalah V-60. “Ada dari Bali, Aceh, Gayo, Temanggung, Sidikalang, ” kata pria akrab disapa Memet ini. Sedangkan menu non kopi yang paling disuka pengunjung adalah wedang uwuh dan wedang secang.

Tak perlu merogoh kocek dalam untuk ngopi atau wedangan di sini. Harga minuman wedangan rata-rata dijual dengan harga Rp 10.000. Sedangkan kopinya mulai dari Rp 12.000

Jika lapar menghampiri, bisa coba beberapa menu makan berat, seperti nasi bakar, nasi belut, nasi ayam suwir, nasi tongkol, hingga nasi bandeng. Coba juga beberapa snack untuk teman ngopi seperti pisang goreng dan mendoan.

Ruang untuk ngopi dibagi menjadi dalam dan luar. “Di outdoor ada yang lumayan spesial buat pengunjung. Pertama gazebo, sama meja panjang. Karena best view-nya di situ,” ucap Memet. Dari tempat tersebut, Kandang Menjangan memang tampak jelas.

Ra Kopiran buka setiap hari pukul 17.00 hingga pukul 1.00, last order pukul 24.00.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini