Pariwisata

Segarnya Ciblon di Sendang Sombomerti

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Rabu, 14 Oktober 2020 15:00
Segarnya Ciblon di Sendang Sombomerti
Salah satu kolam di Sendang Sombomerti, Sleman - Gudegnet/ Wirawan Kuncorojati

Gudeg.net-Penat dengan rutinitas sehari-hari? Sendang Sombomerti bisa menjadi solusi. Di tempat wisata yang beralamat di Kalurahan Maguwoharjo, Kapanewon Depok, Sleman ini menyediakan kolam untuk ciblon dan kolam pemancingan.

Sesuai namanya, tempat wisata ini memanfaatkan air dari umbul atau mata air Sombomerti.

Begitu masuk, pengunjung akan melewati jalan menurun. Ada dua kolam untuk bermain air, yakni kolam dangkal yang diperuntukkan anak-anak balita, dan kolam yang lebih dalam untuk dewasa. Ada pula kolam untuk terapi ikan. 

Di beberapa tempat ada penjual aneka kuliner dari warga sekitar, seperti nasi bungkus, nugget, tempura, dawet, pecel, cilok, salome, siomay. Di akhir pekan, ada bakso dan soto. 

Oleh warga, sebelumnya, air umbul ini hanya digunakan untuk mandi, mencuci dan memandikan hewan ternak. Atas inisiatif warga, dibangunlah tempat wisata ini.

“Seiring berjalannya waktu, dari warga sudah jarang menggunakan, sumbernya sudah mengecil, terus kita kelola lagi,” kata Sumaryono, pengelola, kepada Gudegnet, Rabu (14/10). Selama sekitar dua tahun, warga membersihkan, menata, dan menanami pohon.

Dalam pembangunannya, tempat wisata ini mendapat bantuan dari DLH Sleman dan Provinsi, juga Dinas PU. Bantuan tersebut antara lain berupa pohon dan pemeliharaan mata air.

Tempat wisata ini sudah dibuka untuk umum sebelum pandemi, namun kemudian ditutup untuk sementara.

Saat ini Sendang Sonbomerti sudah dapat dikunjungi, dengan menerapkan protokol kesehatan. Pengelola menyediakan tempat cuci tangan di beberapa titik, dan memeriksa suhu tubuh saat akhir pekan.

Siang itu nampak cukup banyak anak-anak yang bermain air di kolam tersebut. Para akhir pekan, tempat ini banyak dikunjungi oleh pesepeda yang mampir untuk bersantap.

Pada akhir pekan, khususnya hari Minggu, kolam pemancingan ramai dikunjungi. “Itu untuk borongan. Orang datang ke sini, rombongan. Satu kolam ini mau diborongkan berapa, satu juta atau dua juta,” terangnya. Kolam pemancingan tersebut dikelola Kelompok Peternak Ikan Mina 21. 

Sendang Sombomerti buka mulai 7.00-17.00. Di Hari Jumat, kolam untuk dewasa tutup karena akan dikuras. 

Rencananya, akan dibuat tempat kuliner dengan mengunggulkan produk masakan ikan. Selain bersantap, pengunjung juga bisa menikmati sunset. 

Untuk masuk ke area dan berenang, tak dipatok tarif. Pengunjung dipersilakan membayar seikhlasnya. 

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM



    RAKOSA 105,3 FM

    RAKOSA 105,3 FM

    Rakosa 105,3 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini