Tips Hari Ini

Tips Membersihkan Wastafel Dapur

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Minggu, 02 Januari 2022 10:00
Tips Membersihkan Wastafel Dapur
Pexels.com

Gudeg.net - Pembersihan saluran pembuangan dan wastafel dapur sebaiknya dimasukkan dalam daftar rutinitas pembersihan mingguan. Berikut langkah-langkahnya.

1. Santasi wastafel
Bilas wastafel dengan cepat untuk membersihkan remah-remah makanan yang terlihat. Sebelumnya, singkirkan cangkir-cangkir kopi atau rak piring. Bersiaplah untuk menggosok. Cara pembersihan bisa berbeda sesuai bahannya. 

Membersihkan wastafel stainless-steel
Bahan ini lebih tangguh dari kebanyakan bahan wastafel.  Hindari menggunakan pemutih dan scrubber abrasif. Sebaiknya bersihkan wastafel dengan soda kue. 

Lapisi wastafel basah dengan soda kue, gunakan spons dengan air panas dan sedikut sabun cuci piring. Mulailah dari sisi-sisinya, sehingga mendorong kotoran ke saluran pembuangan. 
Tambahkan sabun dan air sesuai kebutuhan hingga permukaannya bersih, kemudian bilas dengan air bersih. 
Supaya tak muncul bintik-bintik air, pastikan untuk menyeka wastafel menggunakan kain mikrofiber untuk mengeringkan dan memolesnya.

Membersihkan wastafel putih
Bahan ini rentan menunjukkan karat dan noda makanan. Gunakan hidrogen peroksida dan soda kue untuk mengangkat noda dan mengembalikannya ke keadaan semula. 
Tepuk-tepuk wastafel dengan kain basah sampai sedikit lembap, taburkan baking soda ke semua permukaan wastafel. Taburkan beberapa tetes hifrogen peroksida di atas soda kue, gunakan spons atau sikan utnuk menggosoknya. Setelah selesai menggosok, bersihkan campuran tersebut.

Membersihkan wastafel dapur porselen
Kita dapat menggunakan metode yang sama seperti wastafel putih. Untuk menghilangkan karat kita akan menggunakan metode yang berbeda. Taburkan garam pada lemon yang telah dibagi dua, gosok langsung pada karat. Cuci bersih dengan air sabun hangat dan gunakan akain mikrofiber untuk mengeringaknnya. 

2. Bersihkan keran
Keran pada wastafel dapat dibersihkan menggunakan air sabun. Gunakan spons atau sikat untuk menyekanya. Untuk area yang sulit dijangkau, kita dapat mengunakan sikat gigi. Jika terdapat bintik-bintik, itu adalah penumpukan kapur dari mineral di air keran. Campuran air sabun dan satu sendok cuka dapat membersihkannya. 

3. Bersihkan saluran pembuangan
Saluran pembuangan yang kotor dapat menimbulkan bau tak sedap dan sumbatan. Kita dapat membersihkannya dengan bahan-bahan yang mungkin sudah tersedia. 

Bersihkan dengan baking soda dan cuka putih
Kombinasi ini dapat mengatasi bau, dan membersihkan saluran air yang tersumbat. Gunakan rasio 1:2, satu bagian soda kue dengan dua bagian cuka putih. 

Pertama-tama, masukkan soda kue ke saluran pembuangan, diikuti dengan menuangkan cuka putih secara perlahan. Tunggu 15 menit, lalu bilas dengan air panas mendidih untuk menghilangkan residu.

 

sumber: bhg.com


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM



    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini