Layanan Umum

Perpustakaan Kota Yogya Gelar Kegiatan Literasi Terapan

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Rabu, 25 Mei 2022 18:29

Gudeg.net - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta melalui Perpustakaan Kota (Puskot) Yogyakarta mengadakan rangkaian kegiatan Literasi Terapan pada 14, 21, 22, dan 23 Mei 2022 lalu. Kegiatan ini digelar di Kampung Baca Suryawijayan dan Perpustakaan Pevita. 

Dilansir oleh laman warta.jogjakota.go.id, Selasa (24/1), Pustakawan Ahli Muda Sri Anik Lestari menyampaikan, kegiatan Literasi Terapan  atau LITA merupakan proses tindak lanjut dari membaca.

"Secara umum, kegiatan di perpustakaan itu lebih sering dilakukan dalam bentuk aktivitas membaca atau belajar secara text book saja. Di sini lah program LITA hadir untuk mengubah proses tersebut menjadi lebih menarik, yaitu dengan mepraktikkan apa yang sudah dibaca dari buku," terangnya. 

Menurut Anik, kegiatan ini merupakan agenda rutin yang telah dilakukan sejak tahun 2020 untuk masyarakat Kota Yogyakarta, tanpa dipungut biaya.

Pada awal pelaksanaannya di tahun 2020, lanjutnya, kegiatan ini hanya dilakukan di Kampung Baca yang ada di beberapa wilayah Kota Yogyakarta seperti Kampung Baca Giwangan, Brontokusuman, Joyonegaran, Jogoyudan, Suryodiningratan, Pengok, dan Yudonegaran. 

Pada tahun 2022 ini, kegiatan mulai dilakukan di Perpustakaan Kota Yogyakarta, baik Perpustakaan Kotabaru maupun Pevita.
Ia menerangkan, LITA diselenggarakan di perpustakaan dengan tujuan audiens yang mengikuti kegiatan dapat lebih luas. Tak hanya masyarakat yang berada di kampung baca saja, namun juga seluruh masyarakat Kota Yogyakarta dan sekitarnya mempunyai kesempatan untuk ikut serta.    

Lebih lanjut ia mengatakan, LITA juga merupakan program yang sejalan dengan program Perpustakaan Nasional, yakni Transformasi Berbasis Inklusi Sosial, di mana perpustakaan menjadi tempat dan sarana belajar sepanjang hayat, sehingga perpustakaan membuka ruang seluas-luasnya untuk masyarakat dalam melakukan aktivitas yang berbasis pemberdayaan. Hal tersebut bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Mengangkat jargon "Dengan Membaca Kita Tahu, Dengan Berkarya Kita Bisa, dan Dengan Berdaya Kita Sejahtera", tema yang diambil pada program LITA dilakukan menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, mulai dari Literasi Terapan mengenai kuliner, bercocok tanam, batik, kriya, dan tema lainnya. 

Tema yang diambil pada tahun ini yakni Pemanfaatan Lahan Pekarangan Sebagai Penyedia Bahan Herbal untuk Keluarga, Pembuatan Nata De Aloevera, Pembuatan Minuman Herbal, dan Pembuatan Sirup Markisa.  


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini