Sosial Ekonomi

Keris Summit Bantu Promosi Pengusaha Kecil

Oleh : Budi W / Kamis, 29 Oktober 2015 11:17

Gelaran Keris Summit 2015 di Benteng Vredeburg Yogyakarta menghadirkan ratusan koleksi keris dari penjuru nusantara. Terpampang pula koleksi keris Wakil Presiden Jusuf Kalla yang ternyata tak boleh diabadikan oleh rekan media.

Ditemui Tim Gudegnet pagi ini, Sutopo, perajin warangka dan gagang keris gaya Yogyakarta mengaku sangat terbantu secara promosi pada kegiatan yang bersifat nasional tersebut.  

"Keris Summit membantu promosi produk kami terutama dalam pemesanan rangka dan gagang kerisnya," ungkap sosok laki-laki yang memiliki workshop di Dusun Payaman Selatan, RT 01/07 Girirejo, Imogiri, Bantul tersebut.

Ngomong soal workshop, usaha Sutupo yang bernama Sanggar Pusaka tersebut telah berdiri sejak lama, ia mengaku merupakan generasi ketiga dari keluarganya yang serius terjun didunia seni pusaka.

"Dalam keluarga kami, saya merupakan generasi ketiga yang menekuni bidang ini, memang rata-rata perajin gagang dan warangka berasal dari wilayah Jogja ya di daerah kami," terangnya.

Ada sekitar 300 perajin dikawasan Girirejo yang memang menggantungkan hidup dengan menekuni bisnis tersebut. Hingga saat ini, para perajin ini tergabung dalam Paguyuban Pemerhati Tosan Aji Yogyakarta atau bernama Paguyuban MERTIKARTA. 

Melalui organisasi tersebut, para perajin, selain turut melestarikan budaya yang telah diakui UNESCO ini, mereka dapat memiliki wadah yang bagus untuk melakukan kerjasama, organisasi, serta ekonomi yang diharapkan dapat mendatangkan keuntungan pada para perajin dan sebagai ajang silaturahmi untuk pemerhati tosan aji.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    IRADIO 88.7 FM YOGYAKARTA

    IRADIO 88.7 FM YOGYAKARTA

    100% Musik Indonesia, Cinta Musik Indonesia.


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini